alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

2019, Temukan 15 PSK Terinfeksi HIV di Kab Pasuruan, Terbanyak di Prigen

PRIGEN, Radar Bromo – Penyebaran kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pasuruan harus jadi perhatian. Sebab, sepanjang 2019 banyak ditemukan PSK yang terjaring razia diketahui mengidap HIV saat dicek kesehatannya.

Dari catatan Jawa Pos Radar Bromo yang mengikuti sejumlah razia Satpol PP, selama 2019 ini tercatat Satpol PP menciduk puluhan PSK. Mayoritas berasal dari luar daerah Pasuruan.

Ironisnya, saat dicek kesehatan, ada sekitar 15 PSK yang terinfeksi HIV/AIDS. Dari angka tersebut, didominasi PSK yang mangkal di kawasan Tretes, Kecamatan Prigen.

Dari catatan Jawa Pos Radar Bromo yang mengikuti sejumlah razia Satpol PP, ditemukan 10 PSK terinfeksi HIV di kawasan Prigen.

Pada 10 Februari lalu, Satpol PP berhasil menciduk 13 PSK dari kawasan Tretes, Prigen. Saat dites kesehatan, 2 diketahui terinfeksi HIV.

Pada 4 Maret lalu, 8 PSK diciduk dari kawasan Watuadem, Prigen. Satu di antaranya terinfeksi HIV. Pada 1 Juli lalu, 4 PSK diciduk dari kawasan Prigen. Satu di antaranya diketahui terinfeksi HIV.

Selanjutnya, pada 28 Agustus lalu, petugas penegak perda menciduk 13 PSK dari kawasan Pandaan dan Prigen. Empat di antaranya terinfeksi HIV.

Lalu, pada 5 Desember, ada 13 PSK diciduk dari kawasan Pesanggrahan, Prigen. Saat dites, 1 diantaranya terinfeksi HIV.

Terakhir, pada 26 Desember lalu, ada 8 PSK diciduk dari kawasan Prigen. Usai dites kesehatan, 1 di antaranya terinfeksi HIV.

Selain di kawasan Prigen dan Pandaan, temuan PSK terinfeksi HIV juga disumbang dari PSK yang mangkal di kawasan timur kabupaten. Total, ada temuan 5 PSK yang terinfeksi HIV yang kerap mangkal di wilayah timur kabupaten.

“Kami akan melakukan pengawasan untuk yang terinfeksi HIV/AIDS dengan melibatkan Dinkes Kabupaten Pasuruan,” ujar Plt Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya, saat ditemui usai razia Satpol PP 26 Desember lalu. (one/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU