Radar Bromo

Pemkab Ajukan 806 untuk CPNS, Tapi Hanya Dijatah 634 Formasi

PASURUAN, Radar Bromo – Secara resmi Pemerintah Pusat sudah mengeluarkan kuota pembukaan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Termasuk di Kabupaten Pasuruan. Tahun ini Pemkab Pasuruan mendapat jatah 634 formasi.

Kabid Pengadaan Data dan Pemberhentian Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan Nurhayati Purba mengatakan secara resmi, Kementerian PAN-RB sudah menginformasikan formasi resmi untuk kuota CPNS. Kabupaten Pasuruan dapat kuota 634 formasi. Jumlah ini lebih rendah dari usulan sebelumnya yang mencapai 806 formasi.

“Secara formasi jumlahnya lebih rendah dari usulan. Untuk jumlah formasi memang sangat tergantung dari keputusan Pusat,” ujarnya. Ia mengatakan, jumlah formasi tahun ini lebih tinggi dibanding kuota CPNS 2018. Tahun lalu pihaknya hanya mendapatkan 535 formasi.

Meski kuotanya sudah diumumkan, Nurhayati mengaku, belum bisa memberikan secara detail terkait teknis pelaksanaan. “Ini, karena rapat koordinasi sendiri baru diadakan pada 31 Oktober sampai 1 November di Semarang, sehingga terkait teknis pelaksaan akan disosialisasikan di sana,” ujarnya.

Dari informasi sementara, setelah kuota diumumkan, masyarakat bisa membuka pengumuman formasi ini secara resmi di sscasn.bkn.go.id. Pembukaan pendaftarannya diprediksi baru akan dimulai pada 11 November.

Terkait pembukaan CPNS di Kabupaten Pasuruan, Nurhayati mengimbau masyarakat tetap berhati-hati. Terutama, terkait tawaran orang yang tidak bertanggung jawab. “Karena semua penerimaan sampai tes bersifat resmi dan transparan. Kami imbau masyarakat berhati-hati dan jangan tergiur dengan tawaran orang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Menurutnya, semua formasi secara detail dan teknis pendaftaran akan diumumkan secara resmi di website BKPPD Kabupaten Pasuruan. Termasuk akan diumumkan di tempat-tempat strategis dan kantor pemerintah. (eka/rud/fun)