Antar SS ke Polisi, Pengedar asal Plintahan-Pandaan Ini Diringkus

BANGIL – Pengapnya dinding jeruji besi, kini menjadi teman sehari-hari bagi Joko Susanto. Ia diringkus polisi setelah tepergok tangan membawa narkoba jenis sabu-sabu.

Lelaki 37 tahun asal Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan, tersebut ditangkap Jumat (27/7). Dia ditangkap ketika hendak mengantar sabu-sabu pesanan.

Kasatreskoba Polres Pasuruan AKP Nanang Sugiyono menguraikan, tersangka ditangkap setelah anggotanya melakukan penyamaran. Penyamaran itu dimaksudkan, untuk mengelabui tersangka.

“Semula, kami memang sudah mendapatkan informasi kalau tersangka memang sering bermain-main dengan narkoba jenis sabu-sabu. Karena itulah, kami melakukan penelusuran dengan melakukan penyamaran,” kata Nanang.

Ia menguraikan, penyamaran dilakukan dengan berpura-pura menjadi seorang pengguna. Layaknya pecandu berat, petugas kemudian menghubungi tersangka untuk janjian.

Setelah terhubung, petugas dan tersangka kemudian janjian ketemuan di dekat sumber mata air yang masih berada di kawasan desanya. “Kami janjian sekitar pukul 15.00,” terang Nanang.

Rupanya, penyamaran itu cukup ampuh. Karena tersangka tak mencurigai kalau yang menghubunginya adalah polisi. Begitu datang ke lokasi, petugas pun langsung menangkapnya.

Sejumlah barang bukti berhasil ditemukan. Selain dua kantong plastik berisi sabu-sabu seberat 1,1 gram dan 0,51 gram petugas juga mengamankan handphone. “Sabu-sabu tersebut disimpan tersangka di dalam sebuah kotak permen Doublemint,” bebernya.

Langsung saja, petugas menggelandangnya ke Mapolres Pasuruan untuk penyidikan. Dari penyidikan itulah, diketahui kalau ia hanya menjadi perantara. Sudah beberapa bulan terakhir bisnis menjadi kurir sabu-sabu dilakoninya.

Karena ulahnya itu, tersangka dijerat pasal 114 jo pasal 112 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya, 10 tahun penjara. (one/fun)


SUDAH DITAHAN: Tersangka Joko Susanto yang ditangkap Jumat (27/7) oleh Satreskoba Polres Pasuruan. (Satreskoba Polres Pasuruan for Jawa Pos Radar Bromo)