7 Atlet Taekwondo Raih Medali Kejuaraan Antarpelajar

KRAKSAAN – Tujuh atlet Taekwondo asal Kabupaten Probolinggo berhasil menorehkan prestasi di ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Taekwondo antarpelajar. Dalam Kejurprov yang digelar di GOR Mastrip, Kota Probolinggo, 27–29 Juli, itu tujuh atlet berhasil meraih 1 medali emas, 4 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Dalam ajang yang diikuti atlet se-Jawa Timur, itu Pengkab (Pengurus Kabupaten) Taekwondo Indonesia (TI) Probolinggo sejatinya menurunkan 16 atlet. Saat itu Pengkab percaya diri menargetkan bisa meraih 10 medali, meski kejuaraan digelar di Kota Probolinggo.

“Target kami 10 medali dari 16 atlet yang turun, kurang sedikit, sudah lumayan,” terang Sekretaris Pengkab Taekwondo Indonesia (TI) Probolinggo Puja Kurniawan.

Adapun atlet yang meraih medali tersebut di antaranya satu emas didapat Atika Reda Rahmawati di nomor Kyorugi under 59 kilogram. Medali perak diraih Alung Rafil Dwi di nomor Kyorugi under 73 kilogram; Niko Ardiansyah di nomor Kyorugi under 23 kilogram; Suci Sukmawati di nomor Kyorugi under 46 kilogram junior putri dan Rani Agustina kelas pemula.

Sementara medali perunggu diraih Siti Aisyah di nomor Poomsae junior. Satu perunggu lagi diperoleh Wahyu Agung Prasetyo Hadi di nomor Kyorugi under 73 kilogram junior putra.

Puja Kurniawan mengatakan, para atletnya turun pada nomor prestasi. Mereka merupakan atlet junior yang pertama kali turun pada kejuaraan taekwondo. “Yang senior tidak bisa ikut karena atlet puslatda,” terang Puja Kurniawan.

Meski levelnya antarpelajar, Puja menyebut, belasan atletnya penuh perjuangan saat berlaga. Dimulai ketika drawing, mereka langsung bertemu dengan lawan berat. Seperti atlet taekwondo asal Surabaya dan Kediri yang menjadi barometer taekwondo Jawa Timur.

Pihaknya berharap atlet yang meraih medali tidak berbangga dulu. Mereka diharapkan lebih keras lagi dalam berlatih dan dapat memberikan tips atau strategi bagi yang belum beruntung meraih medali. (hil/fun)


SENANG: Atlet Taekwondo Kabupaten Probolinggo menunjukkan medali yang mereka peroleh dari Kejurprov. (Pengkab Taekwondo Indonesia (TI) Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)