alexametrics
25.3 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Catat, Ini Sejumlah Kegiatan Memeriahkan Malam Pergantian Tahun

PROBOLINGGO – Tidak sekedar mengeluarkan imbauan, larangan, sampai sanksi. Hiburan santun disiapkan sejumlah daerah untuk merayakan malam pergantian tahun dengan lebih aman dan tertib.

Di Kabupaten Probolinggo, Polres Probolinggo bekerjasama dengan Pemkab Probolinggo, menggelar kegiatan khusus di malam tahun baru 2019. Yaitu, Festival Musik Religi dan Hadrah On The Street di Alun-Alun Kraksan.

“Acara ini digelar dengan konsep hiburan yang aman, tertib dan meriah. Termasuk larangan menyalakan petasan atau mercon, serta hal negatif lainya. Semisal pesta miras, pil dan lainnya,” terang Kapolres Eddwi.

Sementara di Kota Probolinggo, malah ada dua kegiatan. Polres Probolinggo Kota bekerjasama dengan Pemkot Probolinggo, menggelar Car Free Night. Acara ini akan dipusatkan di Alun-alun kota, mulai pukul 20.00 hingga malam pergantian tahun. Di sana akan ada berbagai pertunjukan dan ditutup dengan pesta kembang api.

“Kegiatan ini digagas, berkaca dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, masih ada beberapa tindak kriminal di malam pergantian tahun,” terang Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal.

Nantinya, di sekitar alun-alun akan steril dari kendaraan bermotor. Bagi pengunjung yang hendak ke acara tersebut, harus jalan kaki saat memasuki area alun-alun.

Kondisi ini dilakukan, karena tahun lalu, konsentrasi warga khususnya yang membawa motor berada di sekitar alun-alun. Dan hal tersebut jadi pemicu kerusuhan maupun tindak kriminal.

Memang ditegasnya Alfian, tidak ada jaminan apakah malam pergantian tahun akan bebas dari tindak kriminal. Namun, upaya itu setidaknya merupakah langkah preventif untuk meminimalisir efek negatif dari perayaan malam pergantian tahun.

“Daripada nongkrong tidak jelas dan bergerombol, termasuk blayer blayeran pakai motor, dan konvoi, kami fasilitasi pada acara car free night itu,” imbuhnya.

Tidak hanya itu. Pemkot Probolinggo akan menggelar kesenian tradisional Ludruk dengan menggandeng seniman Lokal Mukadi CS. Pagelaran seni ini mengusung tema Rukun Damai.

“Keinginan Wali Kota menjelang pergantian tahun ini menampilkan kesenian tradisional dengan melibatkan budayawan lokal. Kami mengundang Ludruk Mukadi Cs,” ujar Aman Suryana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Probolinggo, Sabtu (29/12).

Kegiatan ini akan digelar di halaman Kantor Pemkot Probolinggo. Selain mengundang kepala OPD, juga mengundang masyarakat. “Masyarakat boleh hadir menyaksikan. Terutama mereka yang menggemari kesenian tradisional,” ujarnya.

Nantinya, pelaksanaan kesenian ludruk ini tidak ada pengamanan khusus. Hanya melibatkan Satpol PP.

“Kegiatan ludruk ini kan beda jauh dengan acara dangdutan. Tidak ada acara yang mengharuskan untuk berdesak-desakan. Maka dimaksimalkan pengamanan dari Satpol PP,” ujarnya. (rpd/put)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dengan Vaksinasi; Keluarga Sehat, Produktivitas Meningkat

Upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan dengan vaksinasi. Dengan hadirnya vaksin, pemerintah berharap tidak hanya menurunkan angka kesakitan tapi juga kasus kematian.

Manfaatkan Bonus Demografi Menuju Industri 4.0

Memasuki tahun baru yang tinggal menghitung hari, tantangan angkatan kerja di Indonesia semakin tinggi. H

Remaja Muneng Dibegal di Jl Brantas; Ditodong Airsoftgun, Vario Raib

Usai memepet korban, pelaku langsung mencabut kunci motor korban.

PKL Durian Pasar Wisata Cheng Hoo Dikeluhkan Pedagang

Keberadaan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang kaki lima (PKL) durian.

Pengembangan Olahan Produk Pertanian Terkendala Ini

Mengolah hasil pertanian bisa menjadi salah satu upaya mengatasi rendahnya harga hasil pertanian saat panen raya.