Baru Sehari Gondol Motor, Maling Asal Desa Semambung Dibekuk Polisi

GRATI – Belum sempat menikmati hasil curian, Andi Wiryo, 22, warga Desa Semambung, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan sudah harus berhadapan dengan polisi. Pemuda pengangguran itu diringkus sehari, setelah diduga mencuri sebuah motor.

Aksi pencurian itu berlangsung Senin (24/12) sekitar pukul 22.26. Lokasinya berada di sebuah warung kopi, yang juga tempat rental playstation di Desa Semambung. Sebelumnya, tersangka Andi Wiryo memang sedang ngopi bersama seorang temannya yang berinisial ER.

“Setelah beberapa saat, Andi Wiryo ini mengajak pelaku ER yang kini masih buron untuk mengambil sebuah motor Yamaha Vega di sana,” ujar Kasatreskrim Polres Pasuruan Kota AKP Slamet Santoso. Ajakan itu diiyakan oleh ER.

ER kebagian tugas bersiaga dari jarak jauh, sekitar 20 meter dari lokasi untuk memantau situasi. ER berjaga di atas motor Honda GL milik Andi Wiryo. Sedangkan Andi Wiryo, mengeluarkan motor Yamaha Vega milik korban bernama Septian, dari teras rumah yang dijadikan rental playstation.

“Setelah itu, tersangka menyalakan mesin motor korban dan kabur,” ujar Slamet. Mendapati temannya sukses menjalankan aksinya, ER pun mengikutinya dari belakang.

Berselang sehari kemudian, tersangka Andi Wiryo dibekuk tim Resmob dan Polsek Grati dirumahnya, Selasa (25/12) sekitar pukul 02.00 dini hari. Dirumah tersebut, polisi juga mengamankan sebuah unit motor Yamaha Vega dan Honda GL sebagai barang bukti.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan. “Pelaku ER masih dalam pengejaran. Kami selidiki keberadaannya untuk bisa menangkapnya,” jelasnya. (tom/rf)