alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

KASN Klarifikasi Pencopotan Tutang dari Staf Ahli Wali Kota

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) akhirnya menindaklanjuti laporan pencopotan jabatan atas PNS Eselon II Tutang Heru Aribowo. Tim KASN akan turun ke Kota Probolinggo untuk mengklarifikasi laporan itu.

Mustaji, salah satu anggota tim kuasa hukum Tutang Heru Aribowo membenarkan hal itu, Selasa (29/9). Menurutnya, proses klarifikasi oleh tim KASN akan berlangsung mulai Rabu ini sampai 2 Oktober 2020.

”Besok kami bertemu dengan tim dari KASN. Tujuannya adalah klarifikasi laporan yang kami lakukan pada KASN. Masih klarifikasi saja,” terangnya.

Karena masih tahapan klarifikasi, maka kuasa hukum menurutnya, belum mengajukan lagi gugatan ke PTUN yang sempat dicabut untuk perbaikan. Kuasa hukum menunggu hasil rekomendasi dari KASN.

“Jika rekomendasi KASN nanti menyarankan untuk mengembalikan posisi klien kami, maka tidak dilakukan gugatan ke PTUN,” terangnya.

Tutang sendiri dicopot dari jabatannya sebagai staf ahli wali Kota Bidan Pemerintahan, Hukum dan Politik pada 24 Agustus 2020. Tutang dicopot karena karena dianggap melanggar PP Nomor 53/2020 tentang Disiplin PNS.

Mantan kepala DLH ini dinilai melanggar pasal 3, angka 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 17. Dia lantas ditempatkan sebagai staf Analis Kemasyarakatan pada Seksi Trantib di Kecamatan Kedopok, sejak Jumat (28/9).

Tutang pun melawan. Dia menggugat dua SK Wali Kota sekaligus ke PTUN. Yaitu, SK tentang pembebastugasan atau pencopotan dirinya sebagai staf ahli. Dan yang kedua, SK tentang penempatan dirinya sebagai staf di Kecamatan Kedopok. Dia menunjuk tim kuasa hukum untuk melaksanakan gugatan itu. Dia juga melaporkan pencopotan dirinya itu ke KASN. (put/hn)

MOST READ

BERITA TERBARU