alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Pembudidaya Lele Harus Kurangi Ketergantungan Pakan Pabrikan

SUMBERASIH, Radar Bromo – Keluhan pembudidaya lele terkait dengan mahalnya pakan lele pabrikan menjadi perhatian serius Dinas Perikanan dan  Kelautan Kabupaten Probolinggo. Kamis (29/8) dinas mengadakan temu lapang pakan mandiri yang dilaksanakan di Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih.

Dalam temu lapang tersebut, dihadiri oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan. Para kelompok pembudidaya ikan serta 13 pembuat pakan mandiri juga turut hadir.

Kepala Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedi Isfandy mengatakan, temu lapang ini merupakan tindak lanjut dari keluhan petani lele yang merasa terbebani dengan mahalnya harga pakan lele pabrikan. Sehingga berpengaruh besar pada hasil usaha budidaya lele masyarakat.

“Pentingnya pembuatan pakan secara mandiri oleh para kelompok, mengurangi ketergantungan dari pakan pabrikan. Saat ini harga pakan pabrikan kian hari kian mahal dan perhitungan secara ekonomi untuk usaha budidaya ikan lele, nila dan bandeng, bisa rugi,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan, pada prinsipnya pakan pabrikan yang ada dipasaran sudah bisa di substitusi dengan pakan mandiri. Dari segi kualitas pakan hampir sama dengan pakan yang diproduksi pabrikan.

“Harga jual pakan lele pabrik tentu disesuaikan dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Kualitas pakan mandiri hampir sama dengan pabrikan. Sebaiknya menggunakan pakan mandiri saja,” ujarnya.

Dengan menggunakan pakan mandiri, keuntungan akan diperoleh oleh dua pihak. Yakni produsen pakan mandiri yang merupakan home industry dan pembudidaya lele. Produsen pakan memperoleh pasar dan pembudidaya lele mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi karena harga pakan lebih murah.

“Walaupun sifatnya home industry tetapi kami pantau standar operasionalnya. Sehingga hasil lele juga berkualitas dan biaya operasional dapat ditekan seminim mungkin,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Slamet Soebjakto, mengatakan siap membackup sertifikasi Cara pembuatan pakan ikan yang baik untuk menjamin kualitas pakan mandiri, dan register pakan mandiri akan dipersingkat prosedurnya untuk mengakomodir pakan mandiri.

“Kedepan diharapkan pakan mandiri berkembang secara segmentasi, dimana ada kelompok pembuat pakan mandiri (pokanri) dan kelompok pembuat formula pakan mandiri, Sehingga kelompok pencetak tinggal membeli bahan pakan yang sudah dalam bentuk formula,” paparnya. (ar/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.