Sulitnya Evakuasi Sarang Tawon Sebesar Bola di Ketinggian 8 Meter

EVAKUASI: Personel Damkar mengevakuasi sarang tawon vespa affinis yang menempel di ranting pohon mangga setinggi 8 meter selasa (28/1) malam. Inset: Sarang tawon yang ada di ranting pohon. (Foto: Damkar Kab. Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANTARAN, Radar Bromo – Dianggap mengganggu dan meresahkan warga, sebuah sarang tawon vespa affinis yang berada di halaman rumah Agus di Dusun Krajan, Desa Karangrejo, dievakuasi oleh Damkar Kabupaten Probolinggo, Selasa (28/1) malam. Sebanyak 5 personel Damkar diterjunkan untuk mempercepat evakuasi.

Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran Suud mengatakan, pihaknya mendapatkan aduan melalalui call center sekitar pukul 20.00 untuk melakukan evakuasi sarang tawon vespa affinis. “Kami mendapatkan telepon aduan sekaligus diminta untuk mengevakuasi sarang tawon karena dianggap mengganggu dan beberapa kali ada warga yang tersengat,” ujarnya.

Mendapat aduan tersebut, sebanyak 5 personel pemadam kebakaran segera menuju lokasi. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi. Sesampainya di lokasi, petugas kemudian menyiapkan peralatan yang akan digunakan dan tangga. Karena sarang tawon berada pada sebuah pohon mangga.

“Kami sedikit kerepotan ketika hendak mengevakuasi sarang tawon karena sarang menempel disebuah ranting pohon mangga setinggi 8 meter,” pungkasnya.

Beberapa tangga kemudian disusun hingga menjangkau sarang. Evakuasi juga harus memakai senter karena sekitar sarang tawon gelap tidak dapat dilihat dengan jelas. Setelah dapat dijangkau, sarang dievakuasi dengan menggunakan karung untuk direndam dalam air.

“Tawon vespa affinis jika menyengat menyebabkan bengkak. Jika sengatannya berjumlah banyak, maka akan menyebabkan anafilaksis kerusakan organ, sehingga sangat perlu dilakukan evakuasi,” pungkasnya. (ar/fun)