Revitalisasi Pasar Warungdowo Dilanjut dengan Bangun Bagian Tengah, Anggarkan Rp 3,8 M

POHJENTREK, Radar Bromo – Revitalisasi Pasar Warungdowo dilanjutkan tahun ini. Rencananya, revitalisasi dilanjutkan di bagian tengah pasar dengan anggaran cukup besar. Yaitu, Rp 3,8 miliar.

Edy Suwanto, kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, anggaran itu dialokasikan melalui APBD 2020 Kabupaten Pasuruan. Revitalisasi ini merupakan kelanjutan dari revitalisasi di tahun 2019 yang dananya dianggarkan melalui APBN.

Edy menyebut, revitalisasi Pasar Warungdowo memang belum selesai. Tahun lalu, revitalisasi dilakukan di sebelah barat. “Sementara tahun ini yang akan direvitalisasi adalah bagian kios belakang pasar,” terangnya.

Menurutnya, revitalisasi Pasar Warungdowo sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Selama itu, dilakukan revitalisasi area depan atau utara pasar menjadi ruko dan pertokoan yang lebih modern. Lalu tahun lalu, dibenahi pembangunan di belakang ruko sampai area barat pasar.

Sementara itu, area tengah pasar bertahap direvitalisasi. Ini, lantaran kondisi lapak memang kurang representatif. Apalagi saat musim hujan masih sering tergenang dan membuat tidak nyaman pedagang dan pengunjung.

“Tahun lalu selesai membangun gedung yang berisi 53 kios dan 55 los dengan anggaran Rp 3,8 miliar dari APBN Tugas Pembantuan,” terangnya.

Sedangkan tahun ini, revitalisasi dilanjutkan dengan anggaran dari APBD Kabupaten Pasuruan sebesar Rp 3,8 miliar. Pembangunannya sama seperti revitalisasi gedung tahun lalu. Untuk kios lebih banyak yaitu, 76 kios dan 72 los.

Revitalisasi ini merupakan program rutin tahunan untuk mengubah wajah pasar tradisional menjadi lebih modern. Harapannya, kondisi pasar daerah lebih nyaman bagi pedagang dan pembeli. (eka/hn/fun)