Ranu Grati Buka Sampai Malam, Sekarang Ada Fasilitas Ini Lho

DAYA TARIK BARU: Spot Selfie di Dermaga Apung Ranu Grati menjadi daya tarik baru bagi pengunjung. Terutama saat malam hari, spot ini banyak dijadikan tempat selfie. (Foto: Disparbud for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GRATI, Radar Bromo – Selama ini wisata Danau Ranu Grati di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, dinilai hanya diminati pemancing. Andai ada pengunjung umum, jumlahnya sedikit saja. Karena itu, Danau Ranu Grati pun dibuka sampai malam.

Keputusan ini diambil Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan, untuk menarik pengunjung umum. Dengan buka sampai malam, harapannya pengunjung umum yang datang akan lebih banyak.

Gunawan Wicaksono, Sekretaris Disparbud Kabupaten Pasuruan mengatakan, buka sampai malam itu dilakukan sejak November ini. Dengan buka sampai malam, pengunjung bisa menikmati suasana Danau Ranu Grati yang indah saat malam hari.

“Kami melihat ada potensi pengunjung hingga malam hari. Sehingga, sejak November ini kami mulai buka lebih lama,” terangnya.

Menurutnya, biasanya Ranu Grati buka pukul 07.00 hingga 18.00. Sejak November, buka pukul 07.00 sampai 21.00 setiap harinya.

Untuk menunjang jam malam ini, sarana dan prasarana Danau Ranu Grati terus diperbaiki. Di antaranya, menambah spot selfie yang makin menarik minat pengunjung.

Cara ini, menurut Gunawan, terbukti efektif. Saat ini pengunjung yang datang lebih bervariasi. Tidak hanya para pemancing, namun juga anak muda dan keluarga.

Bahkan, saat akhir pekan pengunjung lebih ramai dari biasanya. Sehingga, ada harapan saat akhir pekan, Danau Ranu Grati dibuka lebih lama.

“Di dermaga apung yang baru, saat ini ada spot selfie dari lampu. Cukup bagus berfoto saat malam hari atau sunset di sana. Ini mengundang cukup banyak pengunjung,” terangnya.

Dari data Disparbud, saat ini tiket masuk ke Danau Ranu Grati hanya Rp 2.500 per orang. Sedangkan penerimaan retribusi sampai pertengahan November mencapai Rp 33 juta dari target Rp 30 juta setahun. (eka/hn/fun)