Tangkap Lagi Dua Pelaku Pembunuhan Sales Motor di Kejayan

OTOPSI: Petugas dari RS dr Soetomo Surabaya dan RS Bhayangkara Gempol mengotopsi mayat Ribut Setiawan. Makam Ribut dibongkar setelah lima hari dikubur. Inset, Ribut Setiawan saat ditemukan tewas. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

KEJAYAN, Radar Bromo – Kepolisian terus mengejar para pelaku yang diduga terlibat pembunuhan Ribut Setiawan, 32. Setelah menangkap seorang pelaku, dua lagi pelaku diamankan polisi.

Kamis (26/9) malam, Tim Resmob Satreskrim Polres Pasuruan mengamankan HR, 39, warga Desa Ambal-Ambil, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Sebelumnya, polisi juga mengamankan pelaku SU dan JM.

Kanit Pidum Satreskrim Polres Pasuruan, Iptu Maryana membenarkan penangkapan HR itu. “Benar, sudah ada tiga orang yang diamankan,” katanya ketika dikonfirmasi, Sabtu (28/9).

Mulanya, Tim Jatanras Polda Jatim mengamankan JM yang diduga otak di balik pembunuhan terhadap sales marketing motor asal Prigen tersebut. JM ditangkap Minggu (22/9) dini hari di rumahnya. Usai diamankan, JM langsung dibawa ke Mapolda Jatim.

“Yang satu sudah diamankan lebih dulu, sudah di sana (Mapolda),” imbuh Maryana.

Setelah menangkap JM, polisi mengembangkan penyelidikan. Hingga berhasil melacak keberadaan SU dan HR, yang juga diduga terlibat pembunuhan terhadap korban Ribut. Keduanya lantas dibawa ke Mapolres Pasuruan.

Keberadaan HR terendus, setelah polisi mendapat informasi bahwa ada seseorang dari Desa Ambal-ambil hendak mencari indekos. Orang ini mencari indekos di daerah Pasar Kidul, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Diduga, pencari indekos ini bermaksud untuk bersembunyi.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, orang itu ternyata HR. Salah satu terduga pelaku pembunuhan korban Ribut. Polisi pun langsung menangkapnya.

Di hadapan polisi, HR mengakui keterlibatannya dalam pembunuhan Ribut. Dalam kasus itu, HR berperan sebagai sopir mobil Kijang, sekaligus pemilik. Mobil inilah yang ditumpangi para pelaku untuk menjemput korban Ribut, sebelum kemudian membunuh korban.

Setelah para pelaku menghabisi nyawa korban, mereka membuang jasadnya ke hutan jati yang merupakan area pertambangan PT Etika. Tepatnya di Desa Ambal-ambil, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.

Sejauh ini, polisi telah mengamankan Toyota Kijang warna biru milik HR ini. Serta sebuah besi yang diduga dipakai para pelaku menghabisi nyawa korban.

Maryana menyebut, pelaku SU dan HR selanjutnya dibawa ke Mapolda. “Hari ini dibawa ke Polda,” ujarnya.

Ia memastikan, masih ada sejumlah pelaku yang terlibat dalam kasus pembunuhan itu. Pihaknya kini juga terus berupaya melakukan penyelidikan atas para pelaku yang masuh buron. “Masih ada pelaku lain yang masih dalam lidik,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ribut Setiawan ditemukan tewas di sebuah hutan jati di Desa Ambal Ambil, Kejayan. Lelaki yang seharinya sales marketing motor itu, tewas dengan kondisi tangan dan kaki terikat.

Setelah melakukan penyelidikan maraton, Ribut diduga dibunuh oleh 5-7 orang. Lima orang pelaku utama, dan dua orang pihak yang membantu.

Sampai saat ini, petugas Polres Pasuruan bersama tim Jatanras Polda Jatim, berhasil menangkap tiga pelaku. Pertama, menangkap JM, yang diduga sebagai otak pembunuhan. Selanjutnya, petugas menangkap SU dan HR. (tom/hn)