Jalan Kejayan-Purwosari Dilebarkan, Anggarannya Sedot Rp 15 Miliar

WONOREJO, Radar Bromo – Jalan provinsi di ruas Kejayan-Purwosari, Kabupaten Pasuruan, mulai diperbaiki. Dalam proyek senilai Rp 15.851.670.000, itu selain memperbaiki jalan, bahu jalan di sejumlah titik juga dilebarkan.

Staf Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo di Pasuruan Suprijanto mengatakan, proyek ini dilakukan secara bertahap. Saat ini, perbaikan jalan lebih dipusatkan di wilayah Wonorejo hingga Purwosari. “Jalur efektif yang diperbaiki di ruas tersebut dari Wonorejo sampai Purwosari. Mulai dari kilometer 19+500 sampai kilometer 12+500,” ujarnya.

Ia menambahkan, proyek yang mulai digarap sejak April lalu itu juga dengan memperlebar ruas jalan. Yakni, dengan merehab bahu jalan di sisi kiri maupun kanan jalan. Namun, bahu jalan yang diperbaiki hanya sepanjang enam kilometer. “Karena memang fungsi ke depan untuk pelebaran jalan. Sehingga, existing-nya sekarang tujuh meter ditambah bahu jalan masing-masing 1,5 meter,” jelasnya.

Suprijanto mengatakan, proyek yang juga merupakan bagian dari program hibah jalan daerah (PHJD) ini sementara dibiayai DPA SKPD APBD Provinsi Jawa Timur. Nilainya, Rp 15.851.670.000. Perbaikan jalan ini mendapatkan hibah karena termasuk salah satu akses kawasan strategis pariwisata nasional.

“Nanti proses hibah dari Kementerian PU dilakukan setelah tahap verifikasi teknis dan administratif. Tentunya itu menunggu pekerjaan konstruksi rampung,” ujarnya. (tom/rud/fun)