Jeriken Berisi Pertalite Meledak, Pikap-Rumah-Toko di Puspo Terbakar

PUSPO, Radar Bromo – Akibat tidak berhati-hati saat memindahkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite ke jeriken, sebuah pikap, rumah dan toko di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, dilalap si jago merah. Api membakar setelah pertalite meluber dan tersulut api.

Imbasnya drum berisi BBM meledak. Ledakan mengakibatkan pikap, rumah beserta toko ludes terbakar.

Insiden tersebut terjadi minggu (28/07) lalu sekitar pukul 13.30 di rumah milik Jumanis, 45. Insiden itu terjadi di depan rumah. Saat itu anak pemilik sedang membantu memindahkan BBM jenis pertalite dari drum ke jeriken kecil yang terletak di pikap.

“Namun karena sempat ditinggal saat memindahkan BBM, akibatnya minyak meluber dan disana tak jauh sekitar 3 meter ada tempat pembakaran sampah,” terang Iptu Joko Sutrisno, Kapolsek Puspo.

Karena masih ada sumber api, maka api langsung menjalar ke jeriken. Tak lama juga membakar drum yang berisi minyak 200 liter dan lansung meledak terbakar mengenai mobil pikap yang berisi drum. Api menjalar ke toko dan rumah, karena sumber dari minyak, maka api memang cepat menjalar dan melalap seisi rumah.

Untungnya warga masyarakat secara swadaya ikut membantua memadamkan api. Sehingga kurang lebih 2 jam api bisa dipadamkam. “Untuk pemadaman dari swadaya masyarakat, untuk PMK memang tak sampai keatas karena posisi kebakaran berada di gunung atas sehingga swadaya masyarakat sendiri yang memadamkan,” terangnya.

Dari kebakaran ini dikatakan memang tidak ada korban jiwa. “Kerugian material diperkirakan mencapai 225 juta dari pick up sampai rumah yang terbakar,” ujarnya. (eka/fun)