Bulan Depan Mulai Labelisasi Rumah Penerima Bantuan

MAYANGAN, Radar Bromo – Rencana Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo menempelkan stiker di rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI, terus dimatangkan. Setelah dilakukan penyesuaian redaksional stiker, penempelannya direncanakan akan dilakukan mulai bulan depan.

Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif mengatakan, format labelisasi yang diajukan kepada Pemkab Probolinggo, sudah mendapatkan persetujuan. Kini, pihaknya sedang menyusun langkah teknis yang nanti akan dilaksanakan. “Labelisasi sudah disetujui oleh Bupati. Saat ini masih dilakukan penyusunan teknis labelisasi. Kami upayakan bulan Februari sudah mulai dilakukan penempelan,” ujarnya.

Arif mengaku, kini masih menunggu mandatori dari Bupati kepada pemerintah desa untuk menganggarkan pelaksanaan labelisasi. Selain itu, dalam tahun ini akan dilakukan dua kali verifikasi dan validasi data sebagai upaya untuk mengetahui perkembangan KPM setelah diberi bantuan. “APBDesa sudah mencukupi dan nanti diambilkan anggaran dari sana. Tinggal naikkan surat dari Bupati kepada desa untuk segera dilakukan labelisasi,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Dinsos Kabupaten Probolinggo Fathurrozi Amien mengatakan, tahun ini KPM PKH pada tahap satu tercatat sebanyak 89.205 KPM. Seluruh KPM itu nantinya akan diberi stiker.

“Kami mendapatkan informasi jika labelisasi akan dilakukan bulan Februari. Seluruh penerima bantuan dari Kementerian Sosial akan dilabelisasi. Untuk PKH sekitar 89.205 KPM yang siap untuk dilakukan penempelan stiker,” jelasnya.

Labelisasi penerima bantuan ini dilakukan sebagai bentuk kontrol agar pemberian bantuan dari pusat melalui Dinos tepat sasaran. Serta, menjadi salah satu bentuk transparansi pemberian bantuan kepada masyarakat.

“Nantinya labelisasi tidak hanya untuk PKH, tapi juga penerima bantuan dari Pusat melalui Dinas Sosial. Kami upayakan bantuan tersebut transparan dan tepat sasaran,” ujarnya. (ar/rud/fun)