alexametrics
29 C
Probolinggo
Wednesday, 25 November 2020

Pembebasan Lahan Persiapan JLU di Kota Pasuruan Ternyata Baru Capai 30 Persen

PASURUAN – Proses pembebasan lahan untuk pembangunan Jalur Lingkar Utara (JLU) di Kota Pasuruan, terus dilakukan. Namun, sejauh ini belum seluruh lahan yang dibutuhkan berhasil dibebaskan. Pemkot Pasuruan menargetkan tahun ini proses pembebasan lahan itu tuntas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan M. Agus Fadjar mengatakan, pembebasan lahan itu akan terus diupayakan. Lahan yang dibutuhkan melintasi sembilan kelurahan di tiga kecamatan. “Progresnya baru 30 persen lahan yang sudah dibebaskan. Yakni, di seksi pertama dan seksi empat,” ujar Agus.

Ia tak memungkiri masih banyak lahan yang belum dibebaskan. Menurutnya, pihaknya akan terus berupaya untuk memproses pembebasan lahan yang tersisa. Pembebasan lahan akan dilanjutkan tahun ini.

Agus mengatakan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan proses pembebasan lahan lambat. Salah satunya karena kelengkapan dokumen administrasi dari pemilik lahan. Meski begitu, Agus menyebut, pihaknya menargetkan tahun ini proses pembebasan lahan bisa dilakukan secara menyeluruh. “Percepatan itu juga kami upayakan dengan menggandeng BPN terkait mekanisme pembebasan lahan bisa maksimal,” ujarnya.

Diketahui, bidang lahan yang dibutuhkan itu dibagi dalam empat seksi. Seksi satu melewati Kelurahan Gadingrejo dengan 42 bidang dan Kelurahan Karangketug dengan 85 bidang. Seksi dua melewati Kelurahan Kepel dengan 17 bidang, Kelurahan Mandaranrejo dengan 13 bidang, dan Kelurahan Panggungrejo dengan 11 bidang.

Sedangkan, seksi tiga melewati Kelurahan Mandaranrejo, Tapaan, Kepel, dan Blandongan. Kebutuhan bidang di seksi ini masih diverifikasi. Terakhir, seksi empat melewati Kelurahan Bugulkidul dengan 74 bidang. Dari ratusan bidang itu, sejauh ini baru 30 persen yang sudah berhasil dibebaskan. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Harbokir Kembali Hadir di 3 Dekade JNE

Harbokir atau Hari Bebas Ongkos Kirim yang tiap tahun dirayakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun JNE, siap dinikmati kembali oleh seluruh pelanggan setia.

Kerap Sepi, Dewan Soroti Penataan Pasar Poncol

Dewan menilai aset pemkot ini tidak berjalan maksimal. Akibatnya, banyak los yang ditinggal oleh pedagang.

Hentikan Pengiriman Air Bersih di Kab Pasuruan 28 November

Sesuai SK kedaruratan bencana, prediksi pengiriman air bersih akan dihentikan akhir bulan ini.

Kena Tol Paspro, Delapan Makam di Banjarsawah Tegalsiwalan Dipindah

Rukun Kepaten Dusun Krajan, Desa Banjarsawah, memindahkan kuburan itu ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Krajan.

Mulai Ekskavasi Goa Jepang di Gempol, Libatkan BPCB-Arkeolog

Proses ekskavasi Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol mulai dilakukan.