alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

Buruh Kembali Demo LAPAN, Ngotot 3 Security Dipekerjakan, Hasilnya Begini

GEMPOL – Aksi unjuk rasa kembali digelar SBSI Metal Pasuruan di depan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan, Senin (28/1). Dalam aksi kedua tersebut, buruh kembali mendatangi kantor Lapan yang berlokasi di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol.

Aksi lanjutan dari akhir pekan lalu tersebut, kembali membawa buruh yang jumlahnya hampir sama dengan aksi pertama. Bedanya, aksi pertama mengambil titik kumpul di Apollo, Gempol. Di aksi yang kedua, buruh berangkat dari Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan.

“Aksi yang sekarang sama dengan kemarin, yakni solidaritas untuk tiga anggota kami yang bekerja sebagai security di LAPAN Pasuruan, namun sekarang dirumahkan,” jelas ketua SBSI Metal Pasuruan Sugeng Wahyudi.

Menurut Sugeng, tuntutan SBSI tidak berubah. Ia katakan menuntut keadilan bagi tiga rekannya tersebut dipekerjakan kembali. Disamping itu, kata Sugeng Wahyudi, selama dirumahkan gaji tetap diberikan sekaligus dibayar utuh.

Di sela-sela aksi unjuk rasa, sempat dilakukan proses mediasi antara kedua belah pihak. Perwakilan SBSI Metal Pasuruan ditemui pimpinan LAPAN Pasuruan.

Namun pertemuan tersebut berjalan alot. Tidak ada titik temu serta antara kedua belah pihak. Jelang siang, aksi unjuk rasa di depan LAPAN Pasuruan berakhir dan buruh kembali pulang ke rumahnya masing-masing.

“Proses mediasi dengan pertemuan sudah kami lakukan, dan tidak ada kesepakatan. Mereka (SBSI Metal Pasuruan, red) juga kami sama-sama punya persepsi masing-masing yang berbeda,” tutur kepala LAPAN Pasuruan Dian Yudha Risdianto.

Terkait ini, ia tegas menyebutkan tiga orang security tersebut kontraknya memang sudah habis dan tidak diperpanjang. Ketiganya bukan di-PHK ataupun dirumahkan. Di samping itu, lanjut Dian Yudha, LAPAN juga telah mengevaluasi secara internal menyangkut kinerjanya selama ini. Evaluasi itu menjadi pertimbangan penting, untuk diperpanjang kontraknya atau dipekerjakan kembali.

“Keputusan kami tetap sama. Jika rekan dari SBSI Metal Pasuruan bersikukuh, silahkan lanjut ke tingkatan lainnya,” ucapnya. (zal/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dorong Penyerapan Anggaran JLU Maksimal

Tidak terserapnya anggaran untuk proyek jalur lingkar utara (JLU) di dalam dana cadangan sepanjang 2020 membuat DPRD Kota Pasuruan angkat bicara.

Bank Indonesia Gulirkan Beasiswa Satu Juta Tiap Bulan

Masing-masing mahasiswa itu akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1 juta tiap bulan selama setahun mulai Januari 2021.

Petani Resah Lagi Pupuk Subsidi Langka di Pasaran

Petani di Kabupaten Probolinggo kembali diresahkan dengan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris.

DLH Sudah Laporkan Tumpahan Batu Bara di Perairan Sekitar PLTU Paiton

DLH sudah melaporkan kejadian itu kepada kementerian LHK pada tahun 2018.