alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Anggaran Honor Guru TPQ Stagnan, Perbulan Tetap Dianggarkan Segini

BANGIL – Tahun ini Pemkab Pasuruan memastikan tetap mengalokasikan bantuan hibah berupa honor untuk guru Taman Pendidikan Quran (TPQ). Tahun ini dianggarkan Rp 12 miliar untuk 5.000 guru se Kabupaten Pasuruan. Setiap guru akan mendapatkan alokasi yang sama dengan tahun kemarin, Rp 200.000 per bulan.

Kabid Perguruan Agama Islam Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Pasuruan Ahmad Yusuf mengatakan, bantuan honor kepada guru TPQ merupakan bantuan dari Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang akhirnya dilimpahkan kepada pihaknya. Hibah berupa honor ini sudah dilaksanakan sejak 2014. “Tujuannya, memberikan support atau dukungan dengan memberikan bantuan hibah berupa honor agar mereka lebih semangat untuk mengajar,” ujarnya.

Menurutnya, setiap tahun besaran bantuan honor yang diberikan selalu naik. Pada 2014 masih Rp 30.000 per guru per bulan. Pada 2015 naik menjadi Rp 50.000 per guru per bulan. Pada 2016 lalu kembali dinaikkan menjadi Rp 100.000 per guru per bulan. Namun, besaran honor itu tidak ada kenaikan pada 2017.

Tahun kemarin mulai dinaikkan menjadi Rp 200.000 per guru per bulan. Dan, ternyata tahun ini juga tidak naik. Nilainya sama dengan tahun kemarin, Rp 200.000 per guru per bulan.

Yusuf mengatakan, guru TPQ yang diberikan honor ini merupakan guru ngaji yang mengajar di TPQ di desa atau kelurahan. Berbeda dengan guru Madrasah Diniyah (Madin), guru TPQ ini biasanya mengajar anak yang lebih kecil untuk belajar membaca Alquran mulai benar-benar tingkat dasar.

Menurutnya, bantuan honor ini diambil dari APBD Kabupaten Pasuruan dan dicairkan setiap semester atau enam bulan sekali. Sehingga, guru TPQ mendapatkan 2 kali dalam setahun. “Pencairannya dilakukan setiap semester. Jadi per semester langsung diberikan Rp 1,2 juta dan diberikan menjelang akhir semester,” ujarnya. (eka/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.

Ajukan Lagi Lintasan Atletik Rp 4 M untuk Stadion Pogar

Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pasuruan berencana mengusulkan kembali tambahan fasilitas di di Stadion R Soedrasono, tahun depan.

PJU di Kraksaan Sering Mati Akibat Diterpa Hujan-Angin

Setelah beberapa kali diperbaiki, Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Kraksaan kembali mati.