Jumlah Bencana Sepanjang 2018 Menurun Jika Dibandingkan Tahun Sebelumnya

PASURUAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mendata jumlah bencana selama tahun 2018 mengalami penurunan jumlah. Jika tahun 2017 lalu terdata hingga ada 85 bencana, sepanjang tahun 2018 ini turun menjadi 64 bencana.

Bakti Jati Permana, Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa bencana memang bukan hal yang bisa diprediksi. Sehingga jumlah bencana yang terjadi sangat berpengaruh dari cuaca dan situasi iklim terjadi di Indonesia.

“Untuk sepanjang tahun 2018 ini memang trennya cenderung menurun, penyebab utamanya karena memang dari iklim yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Misalkan saat menjelang akhir tahun 2018 ini. Jika akhir tahun 2017 lalu, BMKG merilis ada El-nino yang akan menyebabkan tingginya curah hujan. Di akhir tahun 2018 ini tidak ada informasi tersebut. Sehingga sampai menjelang akhir tahun 2018 ini, bencana banjir bisa dibilang cukup minim. Kondisi yang berbeda dengan akhir tahun 2017 lalu.

Sedangkan dari data BPBD dari 64 bencana yang terjadi tahun 2018 ini, yang paling menyusut adalah memang dari bencana banjir. Tahun 2018 masih terjadi 30 banjir yang didominasi musim hujan awal tahun 2018 lalu. Bakti mengatakan berkurangnya bencana banjir tahun ini selain curah hujan yang tidak terlalu tinggi, juga adanya antisipasi dari pemerintah seperti normalisasi sungai sehingga menyebabkan air cepat menyusut.

“Tahun 2017 lalu bencana banjir terdata hingga 51 kali, dan di tahun ini terdata 30 banjir. Menurunnya jumlah banjir selain karena iklim yang lebih baik juga ada perbaikan infrastruktur seperti normalisasi sungai baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi sampai Pemkab Pasuruan,” ujarnya.

Sedangkan bencana lainnya adalah kekeringan yang terjadi di 21 titik lokasi, tanah longsor 9 lokasi, puting beliung 3 lokasi dan kebakaran hutan 1 lokasi. Untuk perhitungan bencana sendiri dihitung 1 kecamatan untuk lokasi dalam 1 kali bencana. Sehingga total sepanjang tahun 2018 ada sebanyak 64 bencana yang terjadi di Kabupaten Pasuruan. (eka/fun)