Revitalisasi Alun-alun Tak Pengaruhi Tanaman, Bahkan Bakal Ditambah Pohon Penyerap Polusi

MAYANGAN, Radar Bromo – Proyek revitalisasi alun-alun dipastikan tidak akan mempengaruhi terhadap tanaman yang ada disana. Bahkan Pemkot Probolinggo berencana menambah tanaman vegetasi di ruang terbuka hijau tersebut.

Seperti yang diungkapkan Amin Fredy, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Probolinggo. Dia memastikan bahwa untuk revitalisasi alun-alun tidak berpengaruh pada tanaman-tanaman yang sudah ada.

“Kami tidak melakukan tindakan khusus untuk tanaman yang sudah ada. Itu kewenangan DLH,” ujarnya saat mendampingi wawali memeriksa sejumlah proyek fisik.

Sebagai salah satu Ruang terbuka Hijau (RTH), idealnya alun-alun Kota Probolinggo memiliki ruang terbuka sebanyak 80 persen. Ruang terbuka ini tidak hanya berisi tanaman-tanaman serta pohon, namun juga space tempat berkumpul terbuka bagi masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Budi Krisyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo. “Idealnya ruang terbuka di Alun-Alun itu 80 persen. Sedangkan 20 persennya adalah bangunan,” ujarnya.

“Ruang terbuka ini selain berisi tanaman-tanaman hidup, tapi juga space terbuka untuk kegiatan berkumpul masyarakat,” tambahnya.

Budi Kris –sapaan Budi Krisyanto memastikan akan ada penambahan vegetasi tanaman hidup di Alun-Alun Kota Probolinggo. Meskipun tidak memastikan jenis-jenis tanaman, namun DLH telah menetapkan kriteria untuk tanaman yang akan disiapkan di Alun-Alun Kota Probolinggo.

“Seperti pohon-pohon yang efektif untuk menyerap polusi udara. Serta tanaman-tanaman yang tahan dengan cuaca di Kota Probolinggo. Kota Probolinggo ini kan panas. Perlu tanaman yang tahan dengan situasi di sini,” tambahnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Alun-Alun Kota Probolinggo saat ini sedang direnovasi. Alun-alun akan dibuat terbuka dengan membongkar tembok keliling alun-alun. Bahkan direncanakan kegiatan upacara bendera tidak lagi dilakukan di Alun-Alun. Tempat ini akan digunakan sepenuhnya untuk ruang terbuka hijau. (put/fun)