Ada Merah-Putih Sepanjang 73 Meter Dikibarkan di Desa Jorongan

CINTA NKRI: Ribuan warga Desa Jorongan, Kecamatan Leces, memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih sepanjang 73 meter. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

LECES, Radar Bromo – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia, tidak hanya terasa di awal Agustus. Menjelang pergantian bulan, kemeriahan tetap dirasakan. Seperti digelar warga Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Rabu (26/8) malam, mereka mengibarkan bendera merah-putih sepanjang 73 meter. Mereka mengarak bendera ini keliling desa mulai dari Dusun Kerajan I hingga Desun Campuran. Para pemuda, ibu-ibu, dan anak-anak kompak. Pengibaran merah-putih semakin meriah dengan iringan Lagu Indonesia Raya.

ANTUSIAS: Animo tinggi warga sekitar saat bendera dibawa. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Ada sekitar 1.000 orang yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Para pemuka agama, tokoh masyarakat, aliansi pemuda, pemerintah desa, dan santri, semuanya berbaur. Selain memperingati HUT Kemerdekaan, kegiatan ini digekar bertujuan menjaga kerukunan warga dan mengukuhkan nasionalisme.

“Karena cinta tanah air itu harus diungkapkan. Apalagi pada momentum yang memang harus dirayakan. Itu bukti kecintaan,” ujar Ketua Panitia Perayaan M Shodiq.

Kepala Desa Jorongan Masuni mengatakan, HUT Kemerdekaan RI kali ini sangat berkesan. Sebab, pengibaran bendera merah-putih sepanjang 73 meter itu kali pertama diadakan di desanya. “Masyarakat sangat antusias. Antusiasme masyarakat ini sebagi bukti kecintaannya terhadap NKRI,” ujarnya. (mg1/fun)