Warga Probolinggo yang Ingin Buat Paspor Kini Tak Perlu Keluar Kota

TAK PERLU KELUAR KOTA: Wabup Timbul Prihanjoko saat ikut antri pelayanan perpanjangan paspor di UKK Keimigrasian Kabupaten Probolinggo. (Foto: Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

DRINGU, Radar Bromo – Penantian masyarakat Kabupaten Probolinggo akan adanya pelayanan kantor imigrasi, berakhir sudah. Sebab, di Unit Kerja Keimigrasian (UKK) yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP), sudah bisa digunakan. Masyarakat yang hendak membuat paspor kini cukup di Probolinggo saja.

Hari ini rencananya UKK Kabupaten Probolinggo akan diresmikan. Acara peresmian bahkan dijadwalkan langsung dihadiri Dirjen Imigrasi RI Dr. Ronny Franky Sompie. Setelah diresmikan, UKK tak hanya ditujukan bagi pembuatan paspor. Tapi, juga pelayanan paspor dan keimigrasian bagi warga negara asing.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kabupaten Probolinggo Hadi Prayitno saat dikonfirmasi mengatakan, hampir setahun perjuangan Pemkab Probolinggo untuk bisa menyediakan pelayanan keimigrasian. Kini, usaha itu membuahkan hasil dan kantor UKK Kabupaten Probolinggo bakal resmi dibuka oleh Dirjen Imigrasi langsung hari ini.

”Alhamdulillah, berkat dorongan Bupati Probolinggo, untuk bisa memberikan pelayanan imigrasi atau paspor di Kabupaten Probolinggo dapat terealisasi. Besok (hari ini, Red) kantor UKK ini akan resmi di-launching,” katanya saat ditemui di kantor UKK Kabupaten.

BUATKAN UNTUK ANAK: Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari bersama anaknya saat di UKK. (Foto: Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Hadi menjelaskan, selain Dirjen Imigrasi RI, launching kantor UKK ini juga akan dihadiri Bupati dan Wali Kota se-Bakorwil Jember, Kakanwil Kemenkum HAM Jatim, dan Kepala UPT Imigrasi se-Jatim. ”Nanti akan diresmikan langsung oleh Bapak Dirjen Imigrasi didampingi Ibu Bupati Probolinggo dan Kakanwil Kemenkum HAM Jatim,” ujarnya.

Selain acara peresmian, dikatakan Hadi, Dirjen Imigrasi RI nantinya langsung meninjau pelayanan paspor yang ada di UKK. Mulai dari proses pemohon mendaftar, tunggu antrean, proses foto, dan cetak paspor. Bahkan, Dirjen didampingi para pejabat terkait meninjau proses pelayanan ruang warga negara asing (WNA).

”Selain melayani pembuatan atau perpanjang paspor bagi WNI, juga ada pelayanan keimigrasian bagi WNA. Itu, juga dibutuhkan. Mengingat, di Kabupaten Proboliggo ada perusahaan yang memiliki karyawan WNA,” ungkapnya.

Hadi mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan di UKK Kabupaten Probolinggo yang terbaik. Yaitu dengan meng-upgrade pelayanan yang ada. Nantinya, pelayanan UKK di Kabupaten Probolinggo juga berbasis online, sama halnya dengan kantor imigrasi lainnya.

”Sesuai harapan Bupati, untuk meng-upgrade semua pelayanan berbasis online. Termasuk UKK ini. Selain semakin dekat pelayanan keimigrasian, masyarakat akan lebih dimudahkan dan efisien segalanya,” tuturnya. (mas/fun)