Jalan Panglima Sudirman Sepanjang 380 Meter Akan Di-Rigid, Ditarget Rampung Akhir Tahun

MAYANGAN, Radar Bromo – Kondisi Jalan Raya Panglima Sudirman (Pangsud) di sisi timur Randu Pangger, Kota Probolinggo, rawan ambles. Karenanya, melalui APBN dialokasikan anggaran perbaikan total sepanjang 380 meter di ruas jalan sisi selatan. Proyek ini ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Sejak beberapa pekan lalu, ruas jalan sisi selatan dikeruk menggunakan ekskavator. Karenanya, jalan di sisi utara yang sebelumnya satu arah, dijadikan dua arah. Kendaraan yang melintas dari timur dialihkan ke ruas jalan di sisi utara. Padatnya kendaraan, membuat arus lalu lintas padat merayap.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional wilayah Gempol, Pasuruan, dan Probolinggo Rudy Napitupulu mengatakan perbaikan jalan ini harus dilakukan total. Sebab, kondisi jalan rawan ambles. Sebelumnya sudah sering diperbaiki, tetapi tetap ambles dan bergelombang.

“Kami berharap kesadaran dan kesabaran masyarakat selama proses perbaikan ruas jalan itu, karena lalu lintas sedikit terganggu. Tetapi, langkah ini harus dilakukan agar ke depan lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, jalan ini akan diperbaiki total sepanjang 380 meter. Kini, jalan itu dikeruk sedalam sekitar 55 sentimeter sebelum dilakukan pemadatan menggunakan pasir dan batu. Baru kemudian akan di-rigid setebal sekitar 30 sentimeter. “Sesuai kontrak, pengerjaan pembangunan jalan ini harus rampung akhir tahun ini. Karena itu, kami meminta pengerjaannya dikebut,” ujarnya.

Disinggung soal nilai anggarannya, Rudy mengungkapkan, anggarannya bersumber dari APBN sekitar Rp 8 miliar. Namun, anggaran ini untuk empat titik jalan nasional. Termasuk perbaikan jalur lingkar utara. “Ada empat titik perbaikan jalan yang masuk satu paket dengan nilai anggaran Rp 8 miliar itu,” ujarnya. (mas/rud/fun)