Radar Bromo

Dapat Anggaran dari Pusat, Satu Kelurahan di Kabupaten Pasuruan Bisa Dapat Segini

BANGIL – Pemerintah Kelurahan di Kabupaten Pasuruan bakal ditunjang dengan anggaran lebih besar. Hal ini seiring dengan support anggaran dari pemerintah pusat untuk kelurahan-kelurahan yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Setiap kelurahan, bisa mendapatkan dana hingga kisaran Rp 597 juta. Padahal, rata-rata dalam setahun, sebelumnya hanya diangka Rp 230 juta. Kenaikannya lebih dari seratus persen.

“Ada kenaikan anggaran yang bisa dikelola kelurahan tahun depan. Karena adanya support dari pemerintah pusat,” kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan Udik Djanuantoro.

Udik menguraikan, pemerintah pusat tengah menyiapkan dana miliaran rupiah untuk pemerintah kelurahan di Kabupaten Pasuruan. Total, ada sekitar Rp 8,8 miliar yang akan disalurkan untuk 24 kelurahan.

Jumlah itu, belum termasuk dana dari APBD 2019. Karena dalam rencana anggaran, pemerintah daerah akan menyokong dana hingga Rp 5,5 miliar untuk pemerintah kelurahan. Dengan support anggaran itulah, setiap kelurahan jika dirata-rata bisa mendapatkan dana dikisaran angka Rp 597 juta setahunnya.

Dengan besaran dana itu, tentu pemerintah kelurahan akan lebih leluasa dalam penganggaran. Karena itulah, pihaknya mendukung langkah yang dilakukan pemerintah pusat, dengan men-support anggaran untuk kelurahan.

“Pemerintah desa kan sudah ada DD setiap tahunnya. Karenanya, pemerintah kelurahan, juga perlu mendapatkan perlakuan sama,” sambung dia.

Hanya saja, pihaknya menggarisbawahi bantuan tersebut. Mengingat, bantuan anggaran dari pemerintah pusat itu terbilang baru. “Bantuan ini kan terbilang baru untuk kelurahan. Kami berharap mereka bisa memaksimalkannya. Jangan sampai, dana besar itu malah dianggap beban,” pungkasnya. (one/fun)