alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Muncul Dua Opsi Terkait Pelantikan Wali Kota Terpilih Probolinggo

KANIGARAN – Pemkot Probolinggo menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak. Dalam surat dengan nomor 131/8553/SJ tersebut, muncul 2 opsi terkait proses pelaksanaan pelantikan wali kota baru.

Mardi Prihartini, kabag Humas Pemkot Probolinggo membenarkan adanya surat dari Kemendagri tersebut. Namun, surat tersebut belum memastikan kapan akan dilakukan pelantikan wali kota-wakil wali kota terpilih.

“Dalam surat ini ada 2 poin yang berbeda dan perlu diperjelas. Poin 2a disebutkan pelantikan wali kota/wakil wali kota dilaksanakan berdasarkan akhir masa jabatan wali kota-wakil wali kota sebelumnya,” ujarnya. Jika mengacu pada poin ini, maka pelaksanaan pelantikan dilakukan saat habis masa jabatan Wali Kota Rukmini.

“Akhir masa jabatan itu pada tanggal 28 Januari 2019. Maka saat itu dilakukan pelantikan, sehingga tidak perlu adanya penanggung jawab,” ujarnya. Namun, ada poin 2c yang memberi penjelasan lain.

Yakni, bagi provinsi yang terdapat lebih dari 1 kabupaten/kota yang akhir masa jabatan kepala derahnya satu dengan lainnya paling lama 2 minggu, maka pelantikan kepala daerah dilaksanakan secara serentak dengan memperhatikan akhir masa jabatan kepala daerah paling akhir.

“Jika melihat poin 2C ini, pelantikan dilaksanakan secara serentak, tapi menunggu kepala daerah yang terakhir masa jabatannya selesai. Jika melihat daftar lampiran ini untuk Jawa Timur, paling akhir adalah Kota Madiun pada 29 April 2019,” ujarnya.

Karena melihat 2 poin yang berbeda ini, Kabag Humas belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pelantikan. “Untuk itu kami akan menanyakan lagi lebih jelasnya ke Provinsi Jawa Timur terkait surat dari Mendagri tersebut. Namun, kemungkinan pelantikan dilakukan setelah pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih,” ujarnya. Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur diperkirakan dilakukan Maret 2019. (put/rf/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret.

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).