alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Satu Peserta Tes CPNS Kota Probolinggo Melapor Positif Covid-19

KEDOPOK, Radar Bromo – Satu peserta tes seleksi kompetensi bidang (SKB) perekrutan CPNS di Kota Probolinggo melaporkan terpapar Covid-19. Yang bersangkutan pun tidak bisa mengikuti tes yang berlangsung, Sabtu (26/9) di GOR Mastrip, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Gogol Sudjarwo menyampaikan hal itu saat ditemui di lokasi tes CPNS. Peserta ini menurutnya berasal dari Surabaya.

“Sampai Kemarin (25/9), baru satu peserta yang melaporkan kepada BKPSDM bahwa terpapar Covid-19. Kami sudah melaporkan kepada BKN agar peserta tersebut bisa dijadwalkan ulang untuk mengikuti tes SKB,” ujarnya. Karena berasal dari Surabaya, peserta tersebut menurutnya akan diikutkan dalam tes CPNS yang dilangsungkan di Surabaya.

Sementara itu, pelaksanaan tes SKB di GOR Mastrip kemarin, jauh berbeda dengan pelaksanaan tes SKD sebelumnya. Perbedaan ini terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mulai awal peserta datang sampai selesai tes.

Peserta yang datang tidak boleh bergerombol atau antre. Mereka harus mengatur jarak serta menunggu proses tes berlangsung.

Begitu datang, peserta diukur suhu badannya. Dilanjutkan pemeriksaan barang, sampai proses permintaan pin kepada panitia dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Petugas yang bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan peserta melakukan komunikasi secara terbatas di balik bilik yang dilapisi plastik. Itu pun jumlah petugas terbatas.

“Untuk petugas memang tidak banyak. Lebih ditekankankan pada tulisan-tulisan yang bisa dibaca langsung oleh peserta,” ujar Gogol.

Sementara itu Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko menilai, pelaksanaan tes SKB di GOR Mastrip sudah memenuhi protokol kesehatan. “Jauh-jauh hari kami mengajukan izin ke Gugus Tugas untuk lokasi pelaksanaan SKB. Tanpa izin Gugus Tugas tidak bisa melaksanakan tes SKB. Kami melakukan survei dulu untuk tempatnya,” ujarnya.

Survei dilakukan untuk mengetahui kapasitas tempat yang akan digunakan untuk tes, pengaturan jarak yang dilakukan antar peserta, termasuk sirkulasi ruangan yang akan digunakan. Semuanya menjadi pertimbangan BKN, hingga memutuskan GOR Mastrip sebagai lokasi tes SKB.

Sementara itu Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati memastikan, pelaksanaan tes SKB telah mengantongi izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo. Proses pelaksanaannya pun tetap harus mengikuti protokol kesehatan.

“Izin sudah dikeluarkan oleh Gugus Tugas. Sejak tadi malam (Jumat malam, red) bahkan sudah dilakukan pengecekan tentang kelengkapan protokol kesehatan. Peserta yang datang juga harus menggunakan APD seperti masker, face shield dan sarung tangan,” terangnya. (put/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.