Sempat Mundur, RSUD Waluyo Jati Dibuka Lagi Hari Ini

KRAKSAAN, Radar Bromo – Direncanakan akan dibuka Senin (23/8) lalu, RSUD Waluyo Jati Kraksaan baru akan dibuka Kamis ini (27/8). Penundaan terjadi karena ada dua pasien baru yang dinyatakan positif Covid-19 di RSUD. Mereka adalah tenaga kesehatan setempat.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Sodiq Tjahjanto mengatakan, RSUD yang ditutup sejak Rabu (19/8) memang direncanakan buka Senin (23/8). Namun, rencana itu batal dilakukan.

Sebab, ada pasien Covid-19 baru. Pasien ini merupakan tenaga kesehatan di RSUD. Dijelaskan Sodiq, sebelumnya ada nakes yang positif sehingga RSUD harus disterilisasi.

“Awalnya satu positif. Kemudian dilakukan sterilisasi dengan cara penyemprotan disinfektan. Kemudian ada lagi beberapa nakes positif, akhirnya kami mengambil langkah untuk swab,” tandasnya.

Swab pertama dilakukan tidak keseluruhan. Tes swab hanya dilakukan pada 200 orang. Hasilnya, ada dua positif baru. Dua orang itu, masuk data positif pada Selasa (25/8). “Sudah masuk data. Dan yang bersangkutan sudah dikarantina,” tuturnya.

Mengingat masih ada yang positif, lantas pihaknya mengambil langkah untuk melakukan tes swab kepada seluruh karyawan maupun nakes yang ada di RSUD. Swab kedua itu dilakukan beberapa hari lalu. Hasilnya, saat ini belum keluar.

Swab kedua dilakukan pada sekitar 400-an orang. Jadi, total ada 600 orang dites swab. Tetapi, itu bukan jumlah pasti, kami hanya mengira-ngira,” terangnya.

RSUD sendiri mulai dibuka hari ini. Sejauh ini, keputusan itu belum berubah. “Belum ada perubahan dari manajemen. Kami berharap segera dibuka karena kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu di RSUD, suasana masih sepi. Di pintu gerbang RSUD diberikan kursi sebagai pertanda bahwa masih ditutup. Tempat parkir pun sepi. Biasanya, saat dibuka parkiran penuh dengan motor dan halaman penuh dengan mobil. (sid/hn)