alexametrics
26C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

BBTNBTS Tunggu Gugus Tugas 4 Daerah sebelum Buka Kembali Bromo

PROBOLINGGO,Radar Bromo – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) sebagai pengelola Bromo, mengisyaratkan akan segera membuka kawasan wisata ini untuk kunjungan wisatawan. Sejauh ini, BBTNTBS juga merapatkan persiapan pembukaan wisata Gunung Bromo. Untuk membuka wisata tersebut, salah satunya menunggu kesiapan masing-masing gugus tugas di empat daerah Bromo.

“Terkait itu, kami menunggu kesiapan dari pemerintah daerah, melalui gugus tugas masing-masing,” kata Kepala Seksi BBTNBTS Wilayah 1 Sarmin.

Adapun empat pemerintah daerah di antaranya Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo. Untuk itu, BBTNBTS akan melaksanakan rapat koordinasi dengan pejabat 4 wilayah itu. Termasuk TNI-Polri pada pekan depan.

Selain pejabat pemerintahan, juga melibatkan pelaku wisata, semisal perhotelan, jip, jasa kuda, dan asongan. Serta, melibatkan komunitas penggiat alam.

“Pekan depan akan rapat dengan pihak-pihak yang terkait. Tidak semuanya di undang secara tatap muka, karena ada pembatasan. Yang lain, melalui online,” terangnya.

Sejauh ini, pihaknya belum menentukannya kapan jadwal pasti Bromo dibuka. Tapi, persiapan menuju pembukaan sudah dilakukan oleh BBTNBTS. Selain SOP yang berisi poin-poin yang harus dipatuhi wisatawan saat berkunjung ke Bromo, BBTNBTS juga masih menunggu rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19

“Kami ada rapat internal terkait pengesahan SOP (standar operasional prosedur) kawasan wisata Gunung Bromo,” tandasnya. (mas/sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU