Wali Kota Probolinggo Pantau Gudang Bulog, Pastikan Stok Beras Cukup

KANIGARAN, Radar Bromo– Makin merebaknya bencana nonalam berupa wabah virus korona, Pemkot Probolinggo terus melakukan langkah serius. Salah satunya memastikan ketersediaan pangan. Karenanya, kemarin Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Gudang Bulog Sub Divre Probolinggo.

Sidak tersebut bertujuan memantau ketersediaan bahan pangan, khususnya beras. Wali Kota berusaha memastikan ketersediaan beras di gudang Bulog serta kesanggupan jika harus memenuhi kebutuhan masyarakat jika ada kebijakan terburuk dalam penanganan wabah korona.

Wakil Kepala Bulog Sub Divre Probolinggo Suudi Mut’im memastikan stok beras Bulog dalam kondisi aman. “Untuk stok di gudang beras Bulog di (Kelurahan) Sukoharjo, mencapai 6.800 ton. Persediaan ini mampu memenuhi kebutuhan warga Kota Probolinggo selama satu tahun,” ujarnya.

Sedangkan, total stok beras di gudang yang ada di bawah Bulog Sub Divre Probolinggo, mencapai 18.400 ton untuk 3 wilayah kerja. Yakni, Kota/Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang.

Suudi Mut’im memastikan, jika ada instruksi dari pemerintah terkait wabah korona untuk menyuplai masyarakat, Bulog siap. “Kami belum bisa menjawab ya atau tidak, untuk mengeluarkan bantuan beras. Namun, jika ada instruksi dari pemerintah untuk penyaluran beras kepada masyarakat terkait wabah korona, kami siap,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Hadi Zainal Abidin mengaku mendatangi Gudang Bulog untuk memantau kesiapan Bulog untuk menyediakan pangan bagi warga Kota Probolinggo, jika ada kebijakan terburuk dilakukan dalam penanganan wabah korona.

“Kami tidak berharap suatu saat akan ada kebijakan terburuk yang dilakukan Pemerintah Pusat, dalam hal penanganan wabah korona. Namun, kami bersiap jika ada kebijakan tersebut. Salah satunya memantau ketersediaan bahan pangan,” ujarnya.

Politisi PKB ini memastikan jika ada kebijakan untuk lockdown, maka diharapkan bisa dilakukan penyaluran bahan pangan seperti beras kepada masyarakat. (put/rud/fun)