Pemkot Pasuruan Mulai Hitung Dampak Ekonomi Akibat Pandemik

PASURUAN, Radar Bromo– Semakin merebaknya pandemik Covid-19 dipastikan berdampak besar pada roda perekonomian. Tak terkecuali di Kota Pasuruan, meskipun sejauh ini tak ada warga yang dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo menyebut, dampak terhadap perekonomian memang cukup besar. Namun, ia berharap perekonomian di Kota Pasuruan tak sampai mati. Untuk itu masyarakat juga diminta turut berperan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Semua daerah pasti menghitung soal dampak ekonomi. Tetapi, kami harap perekonomian Kota Pasuruan tidak sampai mati. Makanya, kami harap semua masyarakat tetap bersabar dengan adanya kondisi seperti ini,” terang Teno.

Sejauh ini pihaknya memastikan perekonomian di Kota Pasuruan sudah mengalami penurunan. Meski begitu, dia belum bisa memastikan persentase penurunan ekonomi akibat pandemi yang terjadi saat ini.

“Pasti ada (penurunan). Saya belum bisa menyampaikan, tapi memang ada penurunan,” tambah dia.

Salah satu indikasi menurunnya perekonomian itu merupakan imbas dari adanya imbauan kepada masyarakat untuk tidak menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang. Bahkan, juga sekadar nongkrong di warung kopi ataupun kafe.

DIOPRAK: Pengunjung di warung kopi di kawasan stadion Kota Pasuruan, saat disemprot disinfektan. Adanya operasi tempat keramaian juga mempengaruhi perekonomian. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

“Karena toko, kafe, dan sebagainya sudah tidak ada lagi kerumuman, kongkow-kongkow,” bebernya.

Kendati demikian, pihaknya sama sekali tak melarang masyarakat untuk menutup tempat usahanya. Hanya saja pihaknya mengimbau agar semua masyarakat sama-sama sadar untuk tidak lagi berkerumun di satu tempat.

“Silakan tetap buka dan melayani konsumen. Tapi, setelah pesan makanan atau minuman itu sebaiknya dibawa pulang. Untuk menghindari adanya kerumunan. Alhamdulillah, hal ini bisa diterima oleh masyarakat dan hari ini sudah banyak yang memahami,” tandasnya. (tom/fun)