Tembok Pabrik Coca-Cola di Pandaan Roboh, Jalan Kampung Becek

PANDAAN, Radar Bromo – Belum jelas sebabnya, pagar tembok pabrik Coca-Cola Amatil Indonesia roboh. Akibatnya, air dari pabrik masuk ke jalan kampung di Dusun Nampes, Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan, lokasi pabrik Coca-Cola. Terutama jika hujan turun.

Kades Nogosari Iswahyudi pun minta perusahaan segera memperbaiki tembok yang roboh itu. Harapannya, jika pagar tembok diperbaiki, air dari perusahaan tidak lagi meluber ke jalam kampung.

Menurut data di lapangan, pagar tembok yang roboh ini ada di sebelah utara. Panjangnya 20 meter dan tinggi 2 meter. Di sekitar pagar tembok yang roboh ini, juga ada pagar yang posisinya sudah miring. Agar tidak roboh, perusahaan mengganjal pagar dengan bambu.

“Sepengetahuan kami tembok sisi utara ini baru dibangun, sekitar November tahun 2019. Lalu roboh. Juga ada tembok yang miring hampir sebulan terakhir ini,” terang Kades Nogosari Iswahyudi.

Di dekat pagar tembok yang roboh ini ada saluran dari dalam pabrik. Saluran ini melintas jalan kampung. Jika hujan lebat turun, air dari dalam pabrik dengan mudah meluber ke jalan kampung tersebut. Akibatnya, jalan kampung becek. Bahkan, membahayakan pengguna jalan.

“Biar airnya tak meluber ke jalan, kami mendesak perusahaan segera memperbaiki pagar yang roboh. Karena air yang masuk ke perkampungan, membuat jalan becek. Selain itu, membahayakan pengguna jalan yang melintas,” terangnya.

Setelah mengetahui tembok pabrik roboh, Kades menyebutkan, pemdes sudah melayangkan surat sebanyak empat kali ke pihak perusahaan. Intinya, meminta perusahaan segera memperbaiki tembok yang roboh tersebut.

“Tapi, sampai sekarang belum juga ada realisasi perbaikan,” ujar Yudi, panggilan akrabnya.

Sementara itu, Jawa Pos Radar Bromo juga mengonfirmasi PT Coca-Cola Amatil Indonesia Pasuruan. Putranto, humas perusahaan itu saat dikonfirmasi enggan memberikan keterangan banyak.

“Maaf, saya belum bisa berkomentar banyak. Untuk tembok yang roboh, tentunya akan dibenahi. Realisasinya menunggu kantor pusat di Jakarta,” terangnya singkat. (zal/hn/fun)