Tes CPNS Kota Probolinggo Dimulai Senin Ini, Tahap Pertama 600 Orang

MAYANGAN, Radar Bromo – Ribuan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Probolinggo akan mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) mulai Senin ini (26/1). Minggu (25/1), Tim Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Surabaya datang ke Kota Probolinggo memantau persiapan pelaksanaan tes.

“Dari pantauan kami, persiapan tes CPNS di Kota Probolinggo untuk H-1 ini (kemarin) sudah mencapai hampir 100 persen. Mudah-mudahan besok sudah siap untuk dilaksanakan,” ujar Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko.

Dalam pengarahannya, Tauchid mengatakan, pelaksanaan ujian di dalam ruangan menjadi tanggung jawab BKN. Sedangkan, pelaksanaan persiapan CPNS di luar ruang ujian dilakukan oleh panitia lokal. Yakni, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo. “Jangan lupa, petugas memeriksa peserta juga harus dipersiapkan petugas perempuan,” ujarnya.

Tauchid juga menekankan transparansi dalam pemeriksaan peserta. Seperti, menggunakan CCTV serta pemeriksaan menggunakan metal detector.

“Panitia juga perlu mempersiapkan petugas dari Dispendukcapil. Karena persyaratan untuk mengikuti tes ini kan harus ada kartu peserta dan e-KTP. Jika nanti ada persoalan dengan e-KTP peserta, pihak Dispendukcapil ini yang bisa menjelaskan,” ujarnya.

Diketahui, jumlah pelamar seleksi CPNS Kota Probolinggo 2019 mencapai 3.623 orang. Dari jumlah itu, ada 2.761 peserta yang dinyatakann lulus administrasi. Namun, yang akan mengikuti TKD hanya 2.757 orang. Empat orang tidak ikut tes karena telah memiliki nilai TKD 2018.

Ribuan pelamar itu akan mengikuti tes secara bertahap mulai 27 Januari sampai 30 Januari 2020, di Gedung Pertemuan Nelayan UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan. Pada tahap pertama hari ini ada 600 orang. Mereka terbagi dalam empat sesi dan masing-masing sesi berjumlah 150 orang. Setiap sesi diberi waktu setengah jam untuk registrasi dan masa tes selama 1,5 jam. (put/rud)