Dinas Kesehatan Matangkan Rencana Rehab 8 Puskesmas di Kab Probolinggo

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat salah satunya dalah tersedianya sarana dan prasarana kesehatan. Tahun ini sebanyak 8 puskesmas akan direhabilitasi oleh Dinas Kesehatan.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Sulung Kusmayadi mengatakan, puskesmas yang akan direhabilitasi adalah puskesmas yang bangunannya sudah lama dan akan dilakukan penyesuaian ruangan. Di samping itu, rehab ada yang menyasar untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada.

“Rehab pada prinsipnya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Beberapa puskesmas yang bangunannya sudah lama akan dilakukan rehab dan penyesuaian ruangan. Tak hanya itu, sarana dan prasarana akan lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan kepala puskesmas yang akan direhab untuk mengetahui kondisi terkini puskesmas yang ada. Nantinya akan digunakan untuk pertimbangan rencana rehabilitasi.

“Kami kumpulkan dulu kepala puskesmas untuk mengetahui kondisi terkini puskesmas, kemudian kami susun rencana baik rencana konstruksi dan berapa dana yang akan digunakan,” tuturnya.

Rehabilitasi puskesmas ini tak sepenuhnya menggunakan APBD 2020. Satu di antaranya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan yakni Puskesmas Pariwisata Sukapura. Namun, sampai dengan saat ini besaran 6 puskesmas dan 1 puskesmas pembantu (pustu). Dananya bersumber pada APBD 2020 masih belum ditetapkan.

“Enam puskesmas dan satu pustu yang pembangunannya bersumber pada APBD masih kami matangkan, kami menargetkan paling tidak pertengahan tahun sudah mulai dilaksanakan,” pungkasnya. (ar/fun)