6 Bulan, Perpustakaan Sekargadung Terima 8.911 Kunjungan

PURWOREJO, Radar Bromo – Minat baca masyarakat Kota Pasuruan semakin baik. Ini, dibuktikan dengan jumlah kunjungan ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kota Pasuruan yang terus meningkat. Sepanjang 2019, Perpusda dikunjungi 8.911 pengunjung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan Evawati mengatakan, pihaknya menargetkan ada 8.840 pengunjung sepanjang tahun ini. Namun, sampai akhir Juli lalu, telah ada 8.911 pengunjung.

Rinciannya, 5.113 pengunjung dewasa dan 3.798 pengunjung dari kalangan anak-anak dan remaja. Kunjungan ini terdata dari dua Perpusda milik Pemkot. Yakni, Perpusda di Taman Kota, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo dan Perpusda di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo.

“Kami menargetkan kunjungan 8.840 pengunjung tahun ini atau naik dibanding tahun lalu yang hanya 8.186 pengunjung. Alhamdulillah, target sudah terlampaui. Selama enam bulan sudah mencapai 8.911,” ujarnya.

Eva menjelaskan, pihaknya rutin melakukan kegiatan perpustakaan keliling yang menyasar setiap lembaga sekolah. Selain itu, pihaknya akan memperbanyak koleksi bacaan baik buku ilmu pengetahuan maupun novel dan bacaan lainnya.

“Kami rutin bekerja sama dengan lembaga sekolah dengan menyediakan pembelajaran di luar sekolah. Tujuannya, untuk meningkatkan minat baca di Kota Pasuruan. Sehingga, masyarakat semakin gemar membaca,” ujarnya. (riz/rud/fun)