Puskesmas Maron Sudah Dibuka, Tapi Layanan Ini Dibatasi

MARON, Radar Bromo – Sempat ditutup akibat tenaga kesehatan (nakes) dinyatakan positif Covid-19, pelayanan kesehatan di Puskesmas Maron kembali dibuka Selasa (25/8). Hanya saja pelayanan di puskesmas ini ada yang dibatasi.

Juru Bicara Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr Shodiq Tjahjono menuturkan bahwa seluruh pegawai puskesmas telah menjalani pemeriksaan. Sehingga pelayanan kesehatan kepada pasien dapat diberikan.

“Hasil dari pemeriksaan telah dilakukan secara menyeluruh. Tidak ada temuan kasus lagi. Jadi pelayanan kesehatan secara terbatas bisa dilakukan,” ujarnya.

Saat ini Puskesmas Maron hanya menerima pasien berobat jalan. Sebab pengobatan dapat dilakukan dengan cepat. Namun untuk pelayanan pasien Unit Gawat Darurat (UGD), pasien rawat inap dan pelayanan persalinan, belum dapat dilakukan.

“Sementara saat ini hanya rawat jalan, untuk pelayanan yang lain akan diberikan secara bertahap,” tandasnya.

Oleh karenanya pasien yang saat ini masih belum dilayani Puskesmas Maron, diarahkan kepada puskesmas terdekat sesuai dengan domisili pasien. Pelayanan pun akan dibuka sesuai dengan tahapan pemulihan layanan kesehatan.

“Baru dibuka, pengawasan masih dilakukan. Kami tidak ingin mengambil risiko, pelayanan juga tidak semuanya diberikan,” katanya.

Pembatasan layanan yang diberikan juga berkaitan dengan proses sterilisasi yang masih dilakukan Puskesmas Maron. Serta adanya kekosongan tenaga kesehatan yang saat ini masih dalam proses pemulihan di rumah sehat. Hal ini menyebabkan layanan tidak dapat dipaksakan. Sebab hal ini akan berdampak pada menurunnya kualitas pelayanan kesehatan pada pasien.

“Kualitas layanan tetap menjadi prioritas. Nanti jika sudah benar-benar siap, akan dibuka lagi seperti semula tanpa ada pembatasan,” pungkasnya.

Sebelumnya di Puskesmas Maron ditutup karena ada 8 nakes yang dinyatakan postif. Puncaknya Senin (17/8) sore, layanan kesehatan di Puskesmas Maron resmi ditutup. Puskesmas Maron pun disterilkan dan Pemeriksaan menyeluruh kepada pegawai dilakukan. (ar/fun)