alexametrics
26.1 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Anggaran untuk Tasyakuran Bupati Terpilih Capai Rp 620 Juta

KRAKSAAN – Bupati-Wakil Bupati Probolinggo terpilih Puput Tantriana Sari-A. Timbul Prihanjoko, akan dilantik bulan depan. Karenanya, Pemkab Probolinggo telah mengalokasikan anggaran untuk acara tasyakuran dan pelantikannya. Melalui Perubahan APBD 2018, telah dialokasikan anggaran sekitar Rp 620 juta. Anggaran ini tersebar di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dari data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, anggaran sekitar Rp 620 juta itu tersebar di tiga OPD. Meliputi Bagian Umum Rp 300 juta; Bagian Protokol Rp 120 juta; dan di Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Dispora Parbud) Rp 200 juta.

Kepala Dispora Parbud Kabupaten Probolinggo Sidiq Widjanarko membenarkan anggaran tasyakuran dan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih telah dialokasikan dalam P-APBD dan melekat di sejumlah OPD. Salah satunya di Dispora Parbud sekitar Rp 200 juta.

Menurutnya, anggaran itu diperuntukkan tasyakuran berupa hiburan rakyat. “Rencananya akan diadakan tasyakuran hiburan rakyat dengan menghadirkan penyanyi Nissa Sabyan. Tapi, itu belum dapat dipastikan karena masih menunggu petunjuk Bupati terpilih,” ujarnya.

Menurutnya, terpenting pihaknya telah menyiapkan anggaran jika harus diadakan tasyakuran berupa hiburan rakyat. Sidiq mengatakan, panitia acara tasyakuran ini juga belum terbentuk. Sebab, masih ada sejumlah kegiatan. Mulai pelantikan pada 20 September dan serah terima jabatan di Pendapa Kabupaten Probolinggo, pada 24 September. “Jika jadi diadakan acara tasyakuran hiburan rakyat, tentu dilaksanakan setelah pelantikan dan serah terima jabatan,” ujarnya.

Sidiq juga tidak menampik adanya anggaran yang melekat di OPD lainnya. Anggaran itu untuk kebutuhan pelantikan dan serah terima jabatan sesuai tugas pokok dan fungsi maisng-masing OPD. “Saya tidak tahu pasti anggaran di sejumlah OPD itu. Tapi, memang ada beberapa OPD yang dialokasikan anggaran untuk pelantikan dan serah terima jabatan,” ujarnya.

Kabag Umum Pemkab Probolinggo Hudan Syarifuddin mengatakan, anggaran Rp 300 juta itu untuk fasilitas dan konsumsi serah terima jabatan bupati-wakil bupati terpilih. Dalam acara itu, ada sekitar 3.000 orang yang akan diundang. “Anggaran itu untuk konsumsi, tarop, sound system, kursi, dan semua kebutuhan acara,” ujarnya.

Sedangkan, Kabag Protokol Pemkab Probolinggo Bambang Yulius mengatakan, anggaran Rp 120 juta di instansinya untuk akomodasi tamu. Termasuk, bagi tamu dari luar daerah yang disiapkan penginapan. Gubernur Jawa Timur Soekarwo, juga dijadwalkan hadir dalam acara ini. (mas/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.