alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

Menipu Ratusan Juta, Wanita Asal Sumberlele Diciduk, Modusnya Pura-pura Dapat Lelang Toko Online

KRAKSAAN, Radar Bromo– Sapto Rini Endang Tri Wahyujati, 38, warga Perum Sumberlele, Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, kini harus harus berurusan dengan kepolisian. Ia diduga telah melakukan penipuan dengan kerugian sebesar Rp 287 juta.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, Rini diamankan Selasa (23/6) lalu sekitar pukul 11.00. Ia ditangkap, tanpa perlawanan di rumahnya sendiri. Diapun langsung dibawa ke Mapolsek untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto mengatakan, korban penipuan dari pelaku ada tiga orang. Rata-rata adalah warga Kraksaan, yang merupakan kenalannya. Modus penipuannya, pelaku menawarkan sejumlah barang dengan harga miring. Barang-barang itu beragam, dan kebanyakan adalah kendaraan bermotor.

Adapun korban pertama ialah Wenti, 37, warga Jl MT Haryono No 208, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan. Bermula dari Agustus 2019 lalu, korban ditawari mobil Honda BRV. Mobil itu disebutkan pelaku, adalah hasil dari lelangan online sebuah e-Commerce terkenal. Harganya, hanya Rp 80.000.000. Selain mobil, adapula sembako senilai Rp 114.589.000, serta minuman mineral berbagai merk senilai  Rp 7.200.000. Total keseluruhan Rp 201.789.000.

Korban yang percaya, kemudian diminta untuk transfer ke rekening pelaku. “Semua itu oleh korban dibayar melalui E- Banking BCA. Jadi lunas semua,” kata kapolsek.

Setelah uangnya diterima, lantas pelaku yang dikenal sebagai pedagang itu, ternyata tak kunjung menyerahkan barang yang dijanjikan.

Tak hanya itu. Pelaku justru mencari mengsa lain. Nah, korban kedua bernama Rusmiasih, 39, warga Kelurahan Sidomukti. Sama seperti korban pertama, Rusmiasih ditawari mobil Honda Brio seharga Rp 50.000.000 dan sepeda motor Honda Scoopy seharga Rp. 13.000.000. Total keseluruhan yaitu Rp 63.000.000.

“Korban yang kedua ini juga sama. Dia membayar melalui transfer Bank Mandiri sebanyak 2 kali. Untuk korban kedua ini kejadiannya pada September tahun 2019,” ungkap kapolsek. Setelah korban transfer, lagi-lagi barang yang dijanjikan, tak diberikan.

Berhasil memperdaya dua korban, pelaku kembali mendapatkan korban ketiga. Dia adalah Yeli Melia, 30, warga Sidopekso. Modusnya, sama dengan dua korban sebelumnya. Korban ketiga ini, ditawari motor Honda PCX seharga Rp 20.000.000 dan sepeda Polygon seharga Rp 2.600.000. Total keselruhan Rp 22.600.000.”(Penipuan) Yang ketiga terjadi pada Mei 2020. Ia membayar tunai melalui transfer melalui Bank Jatim,” ungkapnya.

Hingga kemudian, korban yang merasa ditipu, melapor ke polisi. Sejak itulah perkara ini diselidiki. Hingga kemudian pelaku dibekuk.

AKP Sujianto yang juga Eks Kasat Sabhara itu menjelaskan, secara keseluruhan total uang yang telah diterima pelaku sekitar Rp 287 juta. Karena perbuatannya, pasal 378 KUHP Jo 65 KUHP. “Kami juga mengamankan barang bukti berupa bukti transfer dan kuitansi, ” tandasnya. (sid/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Petani Resah Lagi Pupuk Subsidi Langka di Pasaran

Petani di Kabupaten Probolinggo kembali diresahkan dengan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris.

DLH Sudah Laporkan Tumpahan Batu Bara di Perairan Sekitar PLTU Paiton

DLH sudah melaporkan kejadian itu kepada kementerian LHK pada tahun 2018.

Mau ke Blitar, Ambulans Muat Jenazah Terbakar di Tol Gempan

Keluarga yang mengendarai di belakang ambulans sempat melihat, ambulans mengeluarkan percikan api dari knalpot. Seketika itu ambuilans berhenti

Enam Pegawai BPBD Kab Probolinggo Positif Covid-19

Dari 60 pegawai yang di-swab, sebanyak 6 pegawai terkonfirmasi positif covid-19.