Warga Desa Kalisalam Rela Iuran untuk Disinfektan

DRINGU, Radar Bromo – Apa yang dilakukan warga Desa Kalisalam di Kecamatan Dringu ini, patut diacungi jempol. Guna mengantisipasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), sejumlah, warga Dusun Grogol, Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo melakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan itu didanai dengan patungan alias iuran.

Informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, tak sedikit warga yang membayar iuran tersebut. Bahkan, patungan itu dimotori langsung oleh para pemuda di dusun itu.

“Ini hasil dari iuran warga. Jadi pemuda meminta sumbangan se-ikhlasnya pada warga,” kata Sri A’yun, salah seorang warga setempat.

Menurut A’yun, penyebaran Covid-19 sangat meresahkan warga. Sehingga, dari keresahan tersebut, pemuda langsung bergerak cepat untuk mempersempit ruang gerak virus korona ini. “Warga sendiri banyak mengeluh dengan adanya Covid-19. Sehingga, menginginkan gerak cepat untuk memutus rantai penyebaran virus korona ini,” ungkapnya.

Saifullah, salah seorang warga lain menyebutkan, dengan adanya gotong royong dan kepedulian dari pemuda, untuk menumbuhkan semangat jiwa pemuda di 325 desa dan 5 kelurahan di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

“Pemerintah sendiri sudah tepat sasaran melakukan penyemprotan disinfektan yaitu di ruang publik. Sehingga, pemuda dan perangkat desa juga harus bergerak untuk melakukan langkah yang sama,” paparnya.

Ia menjelaskan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan Paguyuban Grogol Bisa, sebagai langkah membangun semangat para pemuda lainnya. “Dengan adanya Darurat Bencana ini, mari kita lawan bersama-sama. Dengan cara hidup bersih dan jangan lupa untuk melakukan cuci tangan pakai sabun. Karena dengan begitu, memutus rantai perkembangan virus korona,” tandasnya. (sid/fun)