Lihat TKP Kecelakaan Maut Purwodadi, Kapolda Jatim: Perketat Operasi Kendaraan Berat

RAWAN LAKA: Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan meninjau lokasi laka maut di ruas jalan nasional Malang-Surabaya. Lokasi ini termasuk rawan kecelakaan dan banyak menimbulkan korban. Inset: Truk trailer yang membawa eskavator, usai insiden laka maut Sentul, Purwodadi. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWODADI, Radar Bromo – Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan meminta jajarannya memperketat operasi pada kendaraan berat. Menyusul kecelakaan maut yang melibatkan truk trailer di Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Penegasan ini disampaikan Kapolda saat mendatangi TKP kecelakaan maut yang menewaskan tujuh orang pada hari Minggu (22/12). Selama meninjau TKP, Selasa (24/12), Kapolda didampingi Kepala Dinas Perhubungan Jatim Fatah Jasin dan Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan.

Disebutkan Kapolda, lokasi kecelakaan di ruas jalan nasional jurusan Malang – Surabaya, Kecamatan Purwodadi, memang rawan terjadi kecelakaan. Dalam dua tahun terakhir, sembilan kecelakaan terjadi di tempat ini dan banyak memakan korban. Mulai korban meninggal, luka berat, dan ringan.

FOKUS KENDARAAN BERAT: Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan meminta agar operasi kendaraan berat diperketat. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Dari semua kecelakaan yang ada, rata-rata melibatkan kendaraan berat. Seperti truk, kontainer, tronton, trailer, hingga bus.

Karena itu, ke depan pihaknya menurut Kapolda terus berkoordinasi dengan instansi terkait di lapangan. Seperti Dishub, BPTD, dan BBPJN.

“Setelah kecelakaan ini, dalam jangka pendek kami perintahkan jajaran di lapangan untuk memperketat operasi. Melihat dan memantau langsung kendaraan berat. Dicek dan dihentikan. Bila perlu menunggu sampai sepi. Kecuali muatan khusus seperti sembako dan BBM,” ungkapnya.

Kapolda sendiri, kemarin mendatangi titik tabrakan di Desa Sentul. Kapolda lantas mendapat penjelasan dari Dishub Jatim, BBPJN X, dan Kapolres Pasuruan tentang kecelakaan maut yang terjadi. (zal/hn/fun)