PPK Belum Dapat Kabar Perubahan Rute Tol Tol Trans Jawa lewat Jember

LECES – Adanya kabar tentang pengalihan jalur tol Trans Jawa ke Kabupaten Jember, belum dipastikan. Karenanya, sejauh ini pengerjaan pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi IV dan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi), masih berlanjut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Paspro dan Kementerian PUPR Agus Minarno mengaku, pihaknya belum mendapatkan informasi jika rute jalan Tol Trans Jawa akan diubah. Karenanya, pembangunan tol Paspro seksi IV dan Probowangi seksi I tetap berlanjut.

“Untuk perubahan jalur itu merupakan wewenang dari Pemerintah Pusat. Yang jelas pembangunan tol di Probolinggo mulai dari Desa Suko, Kecamatan Maron, hingga ke Kecamatan Paiton, tetap berjalan sesuai rencana,” ujarnya.

Di samping itu, dibukanya Tol Paspro secara fungsional sejak 21 Desember 2018 menarik minat para pengendara. Menurut Agus, setiap jamnya kendaraan yang melintas mencapai seratus lebih. Baik kendaraan yang dari barat maupun dari timur.

Awalnya, Tol Paspro saat awal pembukaan hanya difungsikan satu lajur. Namun, kini bisa menggunakan dua lajur. Selain itu, dalam waktu dekat juga akan mulai menambah intensitas kendaraan kecil yang masuk tol. Serta, batas kecepatan yang awalnya 40 kilometer per jam juga akan dinaikkan.

Namun, untuk memberlakukan keputusan baru itu, Agus mengaku masih akan berkoordinasi dengan pihak terkait. “Kami akan koordinasi dulu. Saat ini kami terus melakukan penyempurnaan hingga nantinya Tol Paspro layak dioperasionalkan. Termasuk, penarikan retribusi dan lainnya,” ujarnya.

Diketahui, dalam laman sebuah berita online Bupati Jember Faida menyatakan adanya perubahan rute tol Trans Jawa. Jalan yang belumnya dari Probolinggo langsung ke Situbondo dan Banyuwangi, akan diubah. Yakni, dari Probolinggo akan melewati Jember.

Bahkan, ia mengaku telah berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dalam komunikasi itu, Pemkab Jember diminta berpartisipasi dalam penyiapan lahan proyek jalan tol. (rpd/rud/mie)