alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Wednesday, 25 November 2020

Karantina Pasien Covid-19 di Kab Probolinggo Sedot Rp 4,8 M

KRAKSAAN, Radar Bromo- Pandemi Covid-19 masih belum mereda. Termasuk di Kabupaten Probolinggo. Anggaran yang terserap untuk virus yang kali pertama ditemukan di Tiongkok, ini sudah cukup besar. Untuk karantina pasien positif dan reaktif saja, sudah menelan Rp 4.866.500.000.

Namun, anggaran ini belum seberapa dibanding anggaran yang disediakan Pemkab, yang mencapai sekitar Rp 180 miliar. Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan Daeran (BKD) Kabupaten Probolinggo Jurianto mengatakan, anggaran miliaran rupiah itu digunakan untuk pembayaran hotel dan kebutuhan lainnya. “Ada untuk pembayaran hotel dan pembelian peralatan,” ujarnya.

Pembelian peralatan yang dimaksud, salah satunya pembelian perlengkapan tidur. Peralatan itu digunakan di tempat isolasi selain hotel. Seperti, di SMPN Semberasih dan SMPN Pajarakan. Di sana, semua kebutuhan warga yang dikarantina dipenuhi. “Karena kan untuk kenyamanan warga yang dikarantina,” ujarnya.

Ada juga anggaran untuk kebutuhan makan dan vitamin. Serta, akomodasi penjemputan pasien. “Jadi tidak hanya untuk tempatnya. Tetapi, untuk semua kebutuhan dipenuhi melalui anggaran tersebut,” jelasnya.

Namun, kata Jurianto, anggaran paling banyak digunakan untuk menyewa hotel sebagai tempat karantina pasien positif tanpa gelaja. “Hotel yang paling banyak. Karena memang hotel kan harganya per hari lumayan,” terangnya. Sayang, ia tidak merinci besaran pengeluaran untuk hotel.

Tindakan mengkarantina warga yang baru pulang dari luar daerah ataupun yang dinyatakan postif Covid-19, ini dilakukan sejak April lalu. Ada sebelas hotel yang disewa Pemkab Probolinggo, sebagai tempat karantina. Namun, kini terisa satu hotel. Yakni, Sari Indah Gending.

Ada juga tempat isolasi di RSUD Tongas dan RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Sebelumnya, SMPN 1 Sumberasih dan SMPN 1 Gending, juga dijadikan tempat isolasi. Dua lokasi ini digunakan sebagai karantina warga yang hasil rapid test-nya negatif. Namun, karena sekarang sistim rapid test sudah ditinggalkan, dua lokasi itu tidak digunakan. (sid/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Motor Roda 3 Nyemplung Jurang Kenep Beji, Warga Pogar Tewas

Saat sampai di jalan menurun, motor roda tiga yang dikemudikan korban mendadak hilang kendali.

Harbokir Kembali Hadir di 3 Dekade JNE

Harbokir atau Hari Bebas Ongkos Kirim yang tiap tahun dirayakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun JNE, siap dinikmati kembali oleh seluruh pelanggan setia.

Kerap Sepi, Dewan Soroti Penataan Pasar Poncol

Dewan menilai aset pemkot ini tidak berjalan maksimal. Akibatnya, banyak los yang ditinggal oleh pedagang.

Hentikan Pengiriman Air Bersih di Kab Pasuruan 28 November

Sesuai SK kedaruratan bencana, prediksi pengiriman air bersih akan dihentikan akhir bulan ini.

Kena Tol Paspro, Delapan Makam di Banjarsawah Tegalsiwalan Dipindah

Rukun Kepaten Dusun Krajan, Desa Banjarsawah, memindahkan kuburan itu ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Krajan.