alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Jadi Akses Tol, Proyek PRIM Digarap Malam Hari agar Tak Ganggu Lalu Lintas

TONGAS, Radar Bromo – Proyek Perawatan Perbaikan Jalan Provinsi atau Provincial Road Improvement Maintenance (PRIM) Jalan Tongas-Bromo Kabupaten Probolinggo, sudah dikerjakan sejak sepekan terakhir. Proyek ini dimulai dari Jalan Tongas yang didahului dengan agregat dan dilanjutkan dengan pengaspalan. Rencananya, jalan ini akan ditinggikan sampai 39 sentimeter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui Kabid Bina Marga Asrul Bustami mengatakan, proyek PRIM hasil kerja sama dengan Pemerintah Australia sudah mulai dikerjakan. Itu, setelah hasil uji laboratorium bahan materialnya turun. “Kami mulai titik nol di Tongas,” ujarnya.

Asrul menjelaskan, Jalan Tongas ini menjadi akses keluar-masuk pintu Tol Tongas. Sehingga, aktivitas lalu lintas cukup tinggi. Ia juga meminta rekanan tidak sampai membuat kemacetan total. Karenanya, pengerjaannya dilakukan separo badan jalan dan separonya lagi tetap bisa dilalui kendaraan.

“Untuk pengaspalannya mendapatkan izin dari kepolisian dilakukan malam hari. Tadi malam (Selasa), sudah mulai tahap pengaspalan. Supaya tidak terlalu mengganggu aktivitas lalu lintas saat proses pengaspalan,” katanya.

Superintendent PT Gala Karya Benny Surjoatmojo mengatakan, pengerjakan proyek ini sudah kelas nasional, meski kelas jalan kabupaten. Proyek ini memang rehab jalan kabupaten, namun berkualitas jalan nasional.

“Ini sudah kelas jalan nasional. Jalan Tongas-Bromo, ini nanti akan ditinggikan sampai 39 sentimeter. Untuk agregat bawah itu akan ditinggikan 21 sentimeter dan lapisan aspalnya setinggi 18 sentimeter,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Benny, pihaknya terus berupaya mengebut pengerjaannya. “Semoga tidak ada hambatan dalam pengerjaannya. Kami optimistis bisa rampungkan sebelum akhir tahun ini,” ujarnya.

Perbaikan jalan Tongas-Bromo, sepanjang sekitar 37 kilometer ini akan dibagi menjadi tujuh koridor. Di antaranya, ruas Jalan Tongas-Lumbang (R.01), Ruas Jalan Lumbang-Lambang Kuning (R.03), ruas Jalan Lumbang-Madakaripura (R.105), ruas Jalan Sukapura-Lambang Kuning (R.60), dan ruas Jalan Sukapura-Ngadisari (R.05). Serta, ruas Jalan Ngadisari–Cemoro Lawang (R.06) dan ruas Jalan Ngadisari–Laut Pasir (R.25).

Selama tiga tahun, akses menuju Bromo Tengger Semeru ini akan disokong PRIM. Estimasi anggarannya mencapai Rp 184 miliar. Pemerintah Australia melalui Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT), akan membantu Rp 70 miliar. (mas/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.