Harga Bahan Pokok Mulai Naik, Tapi Pastikan Stok Aman

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Masyarakat Kota Pasuruan tidak perlu risau dengan ketersediaan barang kebutuhan pokok. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat memastikan, stok dan harga di sejumlah pasar tradisional masih aman.

Kasi Pengawasan barang dan Perlindungan Konsumen pada Disperindag Kota Pasuruan Subhan Widi mengungkapkan, harga kebutuhan pokok memang cenderung naik. Namun, kondisi ini mengikuti ketersediaan. Stok kebutuhan sendiri masih aman.

Ia mencatat, per Maret harga gula mencapai Rp 18 ribu, naik dari sebelumnya Rp 13 ribu per kilogram. Sementara daging ayam turun menjadi Rp 34 ribu dari harga sebelumnya Rp 36 ribu per kilogram. Sedangkan untuk daging sapi tetap di kisaran Rp 110 ribu per kilogram.

Untuk harga cabai rawit, naik dari Rp 37 ribu menjadi Rp 42.500 per kilogram. Namun, harga cabai merah besar tetap di kisaran Rp 33 ribu per kilogram.

Begitu pula dengan harga minyak botolan, stabil di kisaran Rp 24 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih ikut naik dari Rp 34 ribu menjadi Rp 35.500 per kilogram.

“Ada juga harga kebutuhan pokok yang menurun. Seperti minyak curah dari Rp 13 ribu turun menjadi Rp 12.500 per kilogram. Memang ada kenaikan untuk beberapa komoditas. Namun, masih aman,”ungkapnya.

Subhan menjelaskan, untuk sementara pihaknya hanya sebatas memantau dan melaporkan harga sejumlah kebutuhan pokok ini pada Pemprov Jatim. Jika nanti ada kenaikan yang sangat tinggi, pihaknya pasti akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk mengatasi hal ini. Misalnya dengan menggelar operasi pasar.

“Saat ini harga dan stok masih cenderung stabil. Mulai awal hingga akhir Maret ini. Kalau operasi pasar itu biasanya ada sejumlah pertimbangan. Hal ini atas petunjuk dari pemprov,” terang Subhan. (riz/hn/fun)