9 Pelajar Terjaring saat Bolos Sekolah, Akhirnya Dilaporkan ke Guru

PASURUAN, Radar Bromo – Sejumlah pelajar terjaring razia saat nongkrong di warung kopi. Mereka diketahui bolos dan keluyuran pada jam sekolah. Bahkan, petugas mendapati para pelajar itu tengah asyik merokok.

Razia dilakukan di sebuah warung kopi di sekitar Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jumat (24/1). Sebelumnya, warga setempat melaporkan keberadaan para pelajar yang ditengarai bolos sekolah.

“Kami menerima laporan dari warga sekitar jika ada pelajar yang nongkrong di warung, padahal ini masih jam sekolah,” kata Plt Kepala Satpol PP Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah.

LAPORKAN KE GURU: Selain dibawa ke mako, Satpol PP juga memberitahukan kepada pihak sekolah siswa. (Foto M Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Sedikitnya, ada sembilan pelajar yang dirazia. Mereka masih mengenakan seragam sekolah. Para pelajar itu berasal dari SMA negeri maupun swasta di Kota Pasuruan.

Kedatangan petugas cukup mengejutkan. Namun, sembilan pelajar itu tak bisa mengelak. Sebagian ada yang terlihat panik dan langsung melemparkan puntung rokok ketika mendapati korps penegak perda datang.

Setelah itu, para pelajar itu dibawa ke Mako Satpol PP di Jalan Gajah Mada. Yanuar juga memanggil pihak sekolah dan orang tua sembilan pelajar itu. “Intinya, kami beri konseling agar tak mengulangi perbuatannya. Serta, diminta membuat pernyataan tertulis,” ujarnya.

Selebihnya, kata Yanuar, pihaknya menyerahkan sembilan pelajar itu ke pihak sekolah dan orang tuanya. “Untuk sanksinya, kami kembalikan ke pihak sekolah karena mereka dirazia saat jam sekolah,” tandasnya. (tom/fun)