alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Janji Tanggung Jawab Menguap hingga Korban Melahirkan, Keluarga Muntap

KRAKSAAN – Hry, 19, pemuda asal Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo hanya menunduk saat penyidik Satreskrim Polres Probolinggo memeriksanya. Ia ditahan usai dilaporkan kekasihnya sebut saja Mawar, 17 yang juga asal Kecamatan Paiton.

Hry dilaporkan lantaran ogah bertanggung jawab usai sang kekasih Mawar hamil imbas gaya pacaran mereka yang kebablasan. Yang menarik, Hry dilaporkan saat Mawar telah melahirkan pada Oktober lalu.

Apa yang membuat Mawar dan keluarganya telat melaporkan Hry? Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP Riyanto menjelaskan, korban dan keluarga awalnya meminta pertanggungjawaban pada pelaku.

Si pelaku pun sebelumnya juga berjanji hendak menikahi korban. Namun, hingga bayi dalam kandungan itu lahir, janji untuk menikahi menguap begitu saja. Karena tidak ada bentuk tanggung jawab, akhirnya korban melaporkan kejadian tersebut.

Perwira polisi dengan tiga setrip di pundaknya itu menjelaskan, korban dan tersangka awalnya adalah sepasang kekasih. Bahkan, keduanya sudah sering keluar bareng.

Hingga akhirnya, pacaran mereka berujung pada persetubuhan yang dilakukan di rumah tersangka. Diduga kuat, persetubuhan itu dilakukan berulang-ulang. “Kejadian persetubuhan ini diduga dilakukan sekitar bulan Desember 2017 lalu,” ujarnya.

Lantaran sang kekasih ogah tanggung jawab, akhirnya keluarga Mawar pun membawa kasus itu ke jalur hukum. ”Tersangka dijerat dengan pasal 76D juncto pasal 81 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” tegasnya.

Usai hamil hingga akhirnya melahirkan bayi laki-laki atas kejadian tersebut, korban memutuskan untuk berhenti dari sekolah. Saat ini, polisi telah menahan tersangka yang ogah bertanggung jawab. Selain itu, polisi juga telah mengamankan sejumlah barang bukti.

Diantaranya, 1 kaus warna hitam dan celana jins warna biru milik korban. Tersangka sendiri sudah mengakui perbuatannya dengan alasan persetubuhan itu dilakukan atas dasar suka sama suka. (mas/rf/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU