alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

Jalan Ledokombo Sumber Rusak Parah, PUPR: Anggaran Kena Refocusing

SUMBER, Radar Bromo – Kondisi jalan kabupaten di Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, yang rusak parah membuat geram warga. Curhat di media sosial (medsos) facebook pun dilakukan.

Seperti yang dilakukan akun Naning Suryaningsih. Akun ini memposting foto tentang kondisi jalan kabupaten di Desa Ledokombo yang rusak parah. Dalam postingan itu ditulis, dari generasi suami sampai generasi istri seakan tutup mata. Hanya miris saja dengan kinerja pemerintah Kabupaten Probolinggo. wilayah wisata B-29 Ledok ombo.

Saiful, 49, salah satu warga desa setempat mengatakan, warga Desa Ledokombo sudah tak tahan dengan kondisi jalan kabupaten yang rusak parah. Sudah cukup lama, jalan itu rusak dan tidak diperbaiki. Padahal, ratusan warga di Desa Ledokombo harus melewati jalan itu untuk kegiatan sehari-hari.

”Iya betul jalannya rusak. Bahkan, sekarang kondisinya lebih parah. Tidak tahu kapan mau diperbaiki jalan ini,” kata Syaiful, saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo, Jumat (23/10).

Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Probolinggo, Rahmad Waluyo pun meminta warga setempat bersabar. Menurutnya, Kabupaten Probolinggo memiliki wilayah 24 kecamatan. Tentunya, pembangunan infrastruktur, terutama jalan membutuhkan anggaran sangat besar. Karena itu, pembangunan infrastruktur jalan tetap diupayakan terlaksana di semua wilayah.

”Kami dari pemkab baru menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan dari Sukapura ke Sumber. Sedangkan wilayah kabupaten yang membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan tidak hanya di wilayah barat. Kami berharap masyarakat bersabar, karena bukan kami tidak peduli,” katanya.

Kabid Bina Marga di Dinas PUPR Asrul Bustami menambahkan, sebenarnya pada APBD 2020 dialokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan sebanyak dua paket di Desa Ledokombo. Nilainya mencapai sekitar Rp 2,3 miliar.

Namun, kemudian anggaran ini terkena refocusing untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19. Akhirnya, kegiatan tersebut tidak dapat terealisasi.

”Sudah sempat dialokasikan untuk pembangunan jalan. Tapi belum sampai di jalan kabupaten dekat perbatasan Lumajang. Rencananya perbaikan di Desa Ledokombo pertigaan ke arah Desa Wonokerso di Sumber. Tapi karena terkena refocusing Covid-19, anggarannya habis,” terangnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Joko Wahyusi saat dikonfirmasi tentang hal ini mengatakan, perhatian Pemkab terhadap Kecamatan Sumber sudah luar biasa. Bahkan, selama beberapa tahun terakhir Sumber menjadi prioritas pembangunan infrastruktur jalan menuju wisata puncak P-30 di Sumber. Pemkab pun membangun akses jalan dari Sukapura ke Sumber.

”Tahun ini, sebagian besar kegiatan pembangunan infrastruktur terkena refocusing Covid-19. Banyak kegiatan yang tidak terealisasi di tahun ini, karena anggarannya terkena dampak Covid-19,” tuturnya. (mas/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.