alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Saat Penetapan, KPU Tak Undang Paslon, Tapi Minta Buka Rekening

GADINGREJO, Radar Bromo – Pilwali Pasuruan 2020 dipastikan diikuti dua kontestan. KPU Kota Pasuruan menetapkan dua pasangan calon (paslon) yang akan berebut suara rakyat, Rabu (23/9).

KPU pun menyerahkan keputusan penetapan pasangan calon tersebut dengan dihadiri Jajaran Pejabat Forkopimda, Gugus Tugas Covid-19, dan Bawaslu Kota Pasuruan. Keputusan itu diserahkan kepada perwakilan dua paslon.

Keputusan untuk paslon Raharto Teno Prasetyo-Mochammad Hasjim Asjari diserahkan kepada Sulhendry Sulaiman. Sedangkan keputusan untuk paslon Saifullah Yusuf-Adi Wibowo diserahkan kepada Sartono. Sementara dua paslon tidak diundang dalam agenda tersebut.

“Keputusan penetapan pasangan calon memang diserahkan kepada LO (liaison officer) masing-masing paslon,” ungkap Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari.

Sebelum menetapkan pasangan calon, kata Royce, pihaknya lebih dulu menggelar rapat pleno tertutup guna melakukan penelitian perbaikan persyaratan calon. Dalam rapat tersebut, diketahui bahwa dua bapaslon yang telah mendaftar memenuhi syarat.

SUDAH DITETAPKAN: Suasana penetapan paslon di hotel Horison. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

 

“Dari rapat pleno itu kemudian kami susun berita acara penetapan pasangan calon pada Rabu, 23 September 2020 dan menetapkan Keputusan KPU tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pilwali,” tambah Royce.

Setelah ditetapkan KPU, Royce meminta masing-masing paslon untuk segera membuka rekening dana kampanye. Rekening dana kampanye itu harus dibuka paling lambat sehari setelah penetapan paslon.

“KPU menyiapkan surat pengantar pembukaan rekening kepada dua paslon,” terang dia.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman mengaku sudah menyiapkan skenario pengamanan ekstra untuk tahap penetapan paslon. Bahkan, pihaknya membagi personel di tiga lokasi. “Pengamanan dilakukan di posko dua paslon dan di lokasi pleno penetapan paslon,” katanya.

Ia memastikan tahapan yang berlangsung kemarin terbebas dari kerumunan massa. Meski begitu, pihaknya akan terus memantau selama tahapan selanjutnya. Termasuk pengundian nomor urut yang diagendakan hari ini.

“Selama tahap penetapan paslon, Alhamdulillah tidak ada pergerakan massa yang memicu terjadinya kerumunan. Mudah-mudahan ini jadi awal yang baik bagi kita semua untuk selalu patuh protokol kesehatan sepanjang pelaksanaan pilwali,” bebernya. (tom/hn/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU