Rp 1,5 M untuk Tahap Awal Dana Pendampingan Pilkades Serentak 2019

pilkades
BAKAL DIGELAR LAGI: Sekretariat Pilkades serentak yang pernah digelar tahun 2017 lalu di Kabupaten Pasuruan. Tahun depan ada ratusan desa yang akan menggelar pilkades serentak. (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Biaya Pilkades 2019 benar-benar memakan dana yang tak sedikit. Bukan hanya support anggaran untuk setiap desa yang disiapkan Pemkab. Karena, biaya sosialisasi, bimtek dan beberapa kegiatan lain untuk pendampingan Pilkades juga menelan dana yang tak murah.

Setidaknya, dibutuhkan dana hingga Rp 1,5 miliar untuk pendampingan pelaksanaan pilkades. Dana itu sebagai tahap awal dan diluar untuk pelaksanaan pilkades serentak yang digelar 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan Rido Nugroho, kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan. Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan pilkades serentak 2019 membutuhkan dana miliaran rupiah. Selain untuk pendanaan penyelenggaraan pilkades di setiap desa, kebutuhan dana itu juga diperlukan untuk pendampingan.

Untuk penyelenggaraan pilkades, kebutuhan anggarannya bisa mencapai Rp 19 miliar. Dana itu untuk berbagai kebutuhan dalam penyelenggaraan pilkades di setiap desa. Seperti tenda dan berbagai kebutuhan lainnya.

“Desa tidak lagi dilibatkan untuk membiayai pilkades. Karena, pembiayaan pilkades, kini seluruhnya ditanggung Pemkab,” bebernya.

Ia menambahkan, jumlah tersebut belum termasuk dana pendampingan untuk penyelenggaraan pilkades. Pemkab membutuhkan dana hingga Rp 1,5 miliar untuk pendampingan tersebut.

“Untuk kegiatan-kegiatan kelancaran pilkades. Seperti sosialisasi, bimtek dan kegiatan lainnya. Kami membutuhkan dana sekitar Rp 1,5 miliar,” tambahnya.

Besarnya anggaran tersebut, tak lepas dari banyaknya desa yang akan mengikuti pilkades serentak. Lebih dari separo desa di Kabupaten Pasuruan, bakal mengikuti pemilihan kepala desa secara serentak.

Tak kurang dari 242 desa akan menyelenggarakan pilkades tersebut. “Kami akan ajukan di APBD 2019,” sampainya. (one/fun)