alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Dua Tahapan Pilwali Ikut Tertunda Gegara Wabah Covid-19

PASURUAN, Radar Bromo – Tahapan Pilwali Kota Pasuruan 2020 ikut terdampak seiring merebaknya Covid-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipastikan menunda sejumlah agenda yang sedianya sudah direncanakan.

Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari menyebutkan, jika penundaan beberapa tahapan itu berlaku dalam skala nasional. Sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 yang dikeluarkan Minggu (22/3) dini hari.

“Ada empat tahapan yang ditunda. Kami menerima keputusan KPU RI pada hari Minggu pukul 02.00,” ujar Royce.

Empat tahapan yang ditunda itu di antaranya pelantikan PPS, verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan PPBP dan pencocokan dan penelitian serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Akan tetapi, pelantikan PPS di Kota Pasuruan tetap digelar, Minggu (22/3) lalu. Sebab agenda itu sudah dipersiapkan secara matang. Royce juga telah berkoordinasi dengan Bawaslu serta pihak kepolisian terkait adanya kegiatan yang mengumpulkan banyak orang itu.

“Tetap dilaksanakan setelah berkoordinasi dengan Bawaslu dan kepolisian. KPU Jawa Timur juga sudah mengizinkan,” jelasnya.

Pelantikan PPS itu digelar di masing-masing kecamatan dan berlangsung cukup ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Baik PPS yang dilantik maupun undangan yang hadir diminta mengenakan masker dan mencuci tangan dengan hand santizer lebih dulu. Di samping itu, PPS yang dilantik juga duduk dengan jarak satu meter satu sama lain.

Dengan begitu, hanya ada dua tahapan di Kota Pasuruan yang tertunda. Yaitu pembentukan PPBP dan pencocokan dan penelitian serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Sebab tahapan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan tidak ada lantaran tidak ada calon perseorangan yang mendaftar.

“Harusnya tanggal 26 Maret sudah dibentuk PPDP untuk melakukan pemutakhiran data pemilih. Sehingga bulan Juli sudah ada DPT. Tapi dengan adanya penundaan ini kami belum tahu tentang perubahan tahapan nanti bagaimana. Jadi masih menunggu instruksi lebih lanjut dari KPU RI,” tandasnya. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.