Sopir Ngantuk, Truk Muat Batu Bara Ini Tabrak Median lalu Terguling di Ngopak

REJOSO, Radar Bromo – Mengemudi dalam kondisi mengantuk memang membahayakan. Bisa-bisa menimbulkan kecelakaan. Seperti Jumat (24/1) dini hari, truk muat baru bara yang terguling di jalan.

Diduga karena sopir mengantuk, truk mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ngopak, tepatnya di Desa Arjosari, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Truk terguling usai menabrak median jalan.

Informasi yang dihimpun radarbromo.jawapos.com, insiden itu terjadi sekitar pukul 01.00. Truk dengan nopol L 8260 UB tersebut bermuatan batu bara. Sopirnya ialah oleh Bili, warga Probolinggo.

Semula, truk melintas dari arah timur dan melaju dengan kecepatan sedang. Sesampainya di Jalan Raya Ngopak, laju truk tak terkendali. Beberapa meter setelah melewati simpang tiga Ngopak, truk oleng ke kanan dan menabrak median jalan. Akibatnya, truk terguling ke arah kiri.

Batu bara yang dimuat dalam bak truk itu pun tumpah ke jalan. Kaca depan dan spion truk pecah. Sedangkan sopirnya selamat. Ia hanya mengalami shock akibat kecelakaan itu.

CONTRAFLOW: Akibat menutupi badan jalan, jalur pantura di Pasuruan sempat tersendat. Bahkan hanya bisa dilewati kendaran roda dua sehingga diberlakukan contraflow. (Foto M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Petugas kepolisian langsung mendatangi lokasi. Kemacetan arus lalu lintas mengular lantaran posisi truk yang memakan badan jalan arah Probolinggo-Pasuruan di lajur kiri.

“Kami berlakukan rekayasa lalu lintas dengan cara contraflow untuk kendaraan yang dari arah timur untuk mengurai kemacetan,” kata Kanitlaka Satlantas Polres Pasuruan Kota Iptu Ahmad Jayadi.

Sementara itu, polisi juga mengevakuasi truk tersebut. Namun upaya itu tampaknya butuh waktu yang tak sebentar. “Evakuasi dilakukan dengan mendatangkan tiga alat berat,” tutur Jayadi.

Tiga alat berat mengerek truk dari sisi depan, kiri dan belakang. Truk kemudian berhasil dievakuasi sekitar pukul 10.30. Kasus kecelakaan itu kini tengah ditangani Satlantas Polres Pasuruan.

“Dugaan sementara, pengemudi truk dalam kondisi mengantuk sehingga tidak bisa mengontrol laju kendaraan,” tandas Jayadi. (tom/fun)